Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2016

Tunjangan khusus

Wakepo sedang duduk didalam ruang sekolah, didepannya ada setumpuk berkas kertas putih. Wakepo baru saja selesai membaca juknis tunjangan khusus..
Tapi seperti biasa wakepo kalau membaca sesuatu itu tidak dibaca secara menyeluruh cuma dibaca yg menurut dia enak dibaca dan menyenangkan hati.
Setelah membaca juknis tersebut Wakepo merasa pemerintah tidak adil terhadap dirinya..
Operator tunjangan main curang, itu yg terbersit di pikiran wakepo. "Harus didatangin ini sih, ga bisa begini... keadilan harus ditegakan".. Singkat cerita wakepo sampai di kementrian.. kebetulan rumahnya tidak jauh dari kementrian pendidikan.. Wakepo : selamat siang mas..
Petugas : selamat siang pak.. ada yang bisa dibantu..
Wakepo : saya mau tanya tunjangan khusus, kenapa selama ini saya tidak dapat tunjangan khusus, padahal menurut juknis tunjangan khusus saya bisa mendapatkan tunjangan khusus, karena daerah saya masul dalam kategori daerah khusus.
Petugas : ohh.. begitu ya pak... bapak sudah baca s…

Honor OPS 2

Wakepo masih sangat cemas, karena beberapa waktu yang lalu sekolahnya masih masuk dalam daftar sekolah yang belum syncron. Padahal dia sudah merasa membayar operator sekplah profesional yang jelas ahli dibidang aiti...(IT).. lulusannya D3 manajemen informatika, jelas kompeten di dalam dunia perkomputeran, yang jadi pertanyaan wakepo, kenapa sampai saat ini data sekolahnya belum masuk server dapodik di pusat?.
Wakepo bingung harus bagaimana, akhir terbersit dalam pikirannya untuk curhat dan tukar pikiran dengan rekan sejawat, yaitu padome. Padome saat ini menjadi kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar, dia adalah salah satu kepala sekolah yang paling di kenal dengan kepeduliannya kepada operator sekolah, datanya selalu bagus, sincron selalu paling awal, dana bos selalu paling rapi, pokoknya operator disekolahnya adalah operator teladan. Kesejahteraan operatornya selalu prioritas utama buat padome, walau anggaran honor ops kecil tapi dia bisa menutupi kekurangannya dengan musyawar…

Honor ops 1...

Minggu pagi matahari bersinar cerah..sinarnya yang kuning keemasan menyilaukan mata.. suhu juga tidak panas, cuma hangat-hangat susu...
(Jangan komen hangat2 susu kaya gimana ya) namun pagi itu adalah pagi paling sumpek buat wakepo.. karena data sekolahnya termasuk dalam daftar sekolah yang belum syncron dapodik... disebut sekolah nakal lagi.. padahal dia adalah kepala sekolah teladan...
Wakepo : ini pasti gara-gara mukidi sentimen sama saya.. dia pasti sengaja ga syncron-syncron biar data sekolah saya jadi jelek.. biar saya dipanggil pengawas dan dinas... harus ditegur ini mukidi.. ga boleh dibiarkan ini... sabotase namanya ini..
(wakepo masuk kedalam rumah, ambil kunci mobil dan cuss berangkat kerumah mukidi dihari minggu pagi yang cerah dengan emosi yang membara karena merasa dirinya sudah didzolimi...)Singkat kata singkat cerita wakepo sampai juga di rumah mukidi.."assalamualaikum..." wakepo mengucapkan salam sebagai mana layaknya orang kalau bertandang kerumah orang la…

Verval gtt

Verval gtt...Wakepo sedang kebingungan, datanya didapodik tidak valid2. Sehingga sampai sekarang sktpnya tidak terbit-terbit.
Wakepo sudah marahin operator sekolah yang dia anggap orang paling salah atas tidak keluarnya sktpnya.
Wakepo juga sudah mengeluh berkali-kali kepada kepala sekolah, bahkan dengan nada tinggi.
Wakepo : bapak bagaimana ini.. sktp saya sampai sekarang tidak terbit juga..
Kepsek : sudah tanya mukidi ?
Wakepo : sudah.. dia selalu ngeles. Katanya data sudah di entri sesuai arahan bapak..
Kepsek : kalau sudah sesuai arahan.. berarti sudah sesuai dengan data pak wake bukan?
Ya udah ayo kita tanya muki.
(Kepala sekolah dan wakepo beranjak ke ruang sebelah, dimana mukidi berada)
Kepsek : mukidi kamu sudah entri data pak wake sesuai dengan jadwal mengajarnya kan?
Mukidi: sudah pak..
Wakepo : kalau sudah.. kenapa sampai sekarang cuma saya yg belum terbit sktpnya.. kamu memang sentimen dengan saya muki...
Mukidi : sentimen bagaimana pak.. saya sudah entrikan sesuai dengan data yg ada…

Wakepo laper

Wakepo cari makan...Makasar sudah jam 11 malam... hampir tengah malam....wakepo perutnya keroncongan.. kebetulan wakepo sedang berdua dengan admin pip di dalam kamarnya..Wakepo : mas bawa makanan ga...
Admin pip : wah... gw ga bawa.. ada buah tuh..
Wakepo : buah apa..
Admi pip : buab pir.. tuh ada 6 biji.. dapet dari op simtun...
Wakepo : boleh lah... dari pada laper..
Admin pip : emang belum makan..
Wakepo : belum.. makanan hotel ga pas sama lidah kampung.. ga berselara..
Admin pip : ya udah yu cari makan..
Wakepo : males ah.. besok udah harus cekout jam 4 pagi..
Tanpa terasa tuh buah pir tinggal satu..
Admin pip : dari pada lo abisin srmua tuh buah pir.. mending cari makan ayo...
(Pintu kamar di ketuk..segerombolan op simtun dari beberapa kab/kota pada nongol..)
Op 1 : ayo mas kita keluar cari makan.. kebetulan kami juga belum makan..
Op 2 : bener mas..
Wakepo : ok lah kalo begitu...Singkat cerita jalanlah mereka ke bibir pantai losari.. jarak dari hotel ke pantai memang tidak tetl…

Wakepo jadi pengacara..

Beribu satu macam cara dilakukan orang agar sktpnya bisa terbit... Suatu hari ada seorang parlente dengan pakaian rapi.. jas berdasi.. sepatu mengkilat, rambut disisir rapi dengan minyak rambut yang tak kalah mengkilapnya dengan sepatu hitam yang dikenakan di kakinya.
Dialah wakepo yang saat itu sedang menjadi pengacara.. mewakili calon penerima sktp yang tidak nongol2 sktpnya... Wakepo : selamat siang... (setiap kali wakepo ke kemdikbud selalu siang.. ga pernah malam)
Petugas : siang... ada yg bisa saya bantu.. (petugas ult agak bingung... kenapa pejabat datang ke ult...)
Wakepo : saya mau urus sktp yang tidak pernah keluar...
Petugas : sktp taun berapa pak.. boleh saya tahu masalahnya apa?
Wakepo : itu yang saya mau tahu.. kenapa sktp mereka tdk bisa keluar.. kalau saya tahu masalahnya apa.. saya akan langsung ke presiden...
(Wakepo kali ini adalah seorang pengacara)
Petugas : oh.. baik pak... bisa saya liat datanya..
Wakepo : data apa.. mas saya itu kesini mau minta data..masa kam…

Wakepo belum syncron

Wakepo bingung... jadi ops..
Wakepo datang jauh dari ujung banten... ke jakarta untuk menemui admin tunjangan...Di jakarta bukan admin tunjangan yg berhasil ditemuinya.. dia cuma bisa ketemu dengan petugas ult..Wakepo : selamat siang mas.
Petugas : siang pak..
Wakepo : boleh saya ketemu admin tunjangan..
Petugas : bapak dari dinas mana..
Wakepo : saya operator sekolah mas...
Petugas : wah kalau operator sekolah disini saja pak.. kalau operator tunjangan boleh ke admin pak...
Wakepo : oh...begitu ya....
Petugas : ada masalah tunjangan pak?
Wakepo : tidak jadi aja mas... saya cuma mau sampaikan ini ke admin tunjangan...
Petugas : ohh.. ya sudah...Wakepo masih penasaran mau ketemu dengan admin tunjangan..
"Orang pusatkan ga bakal tau saya ops atau op tunjangan.. bilang aja saya op tunjangan.. kan beres.. pasti bisa masuk...saya memang cerdas" pikir wakepo dalam otaknya yg brilian...Wakepo datang menemui satpam didepan ruangan admin tunjangan..
Wakepo : siang mas.
Satpam : siang…

Wakepo jadi gtt..

Suatu hari di sekolah dasar negeri di pojokan banten...
Wakepo bingung kenapa sktpnya untuk periode januaru-juni sampai bulan agustus kok belum terbit juga.. dengan perasaan dongkol dia datang keruang kantor.. tempat mukidi menyelesaikan segala tugasnya sebagai ops..Wakepo : kidi.. kenapa sktp saya belum terbit juga sampai sekarang... (sambil gebrak meja.. untung mejanya ga belah dua...)
Meja : kreyek...kryek.. (mejanya udah tua... goyang2 saat tangan wakepo mendarat di mukanya)... payah wakepo.. masa marah sama mukidi gw yg di tabokin...(kira2 begitulah kata simeja)
Mukidi : oh..ahh..uh.. kenapa pak?
Wakepo : kamu ga bener entri dapodik... masa sktp saya sampe sekarang ga terbit2...
Mukidi : sudah bener semua pak.. sesuai data yg bapak berikan.. liat aja dapodiknya nih...
(Mukidi menunjukan layar laptop ke depan wakepo)
Wakepo : (meneliti.. menelaah..menimbang dsb).. lah ini kenapa status kepegawaian saya sebagai honor sekolah... saya kan guru tidak tetap.. saya akan laporkan kamu k…

Wakepo ops penerima sktp

Lain mukidi lain lagi wakepo.. tapi punya cerita yang hampir mirip...
Singkat cerita di pojok banten hiduplah seorang ops yang juga seorang penerima sktp...
Dia sedang bingung dengan sktp yang diterimanya... gaji pokoknya ko cuma 1,5 jt.. padahal dia sudah golongan 3d... harusnya diataa 3 jt...
Dia inget cerita mukidi.. jadi dia ga berani ngelabrak kepala dinas..wakepo : untung gw opeator... bisa gw liat sendiri dapodiknya... dia bolak balik dapodiknya diliat..di teliti.. di telaah... semua entriannya... ga ada yang salah semuanya bener...
Ga berhasil cari jawaban didapodik lokal..yang ada dilaptopnya...
Dia buka manajemen dapo... dia berhasi login..Wakepo : gw kan operator masa gitu aja bingung.. banyak jalan menuju roma...Dia liat semua isian yg ada di manajemen dapo...diliat..diteliti.. ditelaah.. semuanya sama dengan dapodik lokalnya...tandanya sudah berhasil syncron dengan baik...Di manajemen dapo ga dapet jawaban.. mulai lah dia mulai suuzon.. "ini pasti admin simtunnya se…

Mukidi jadi penerima sktp..

Mukidi marah2 karena sktp yg diterimanya tidak sesuai dengan gaji pokoknya...
Dia datang ke dinas kabupaten..
Singkat cerita mukidi tiba didalam ruangan kepala dinas... disana dia mencak2... serasa kepala dinas adalah bawahannya... selidik punya selidik mukidi emang orang kepercayaan bupati nomor satu... maklum pilkada baru selesai dan bupati baru aja dilantik... mukidi adalah tim sukses buoati terpilih..
Karena merasa orang penting..
Mukidi : bapak.. bagaimana ini.. tunjangan profesi saya sudah dibayar telat kurang pula jumlahnya... swtiap tahun selalu saja tidak sesuai jumlahnya...
Kepala dinas : emang gaji pokok bapak berapa?
Mukidi : sekian rupiah... (sambil mengeluarkan kwitansi pembayaran gaji...).. coba liat.. disitu tertera sekian.. masa dibayar cuma segini.. (sambil menunjukan buku tabungan).. kurangnya kemana...
Kepala dinas : yg bapak maksud yg mana?
Mukidi : ini... (sambil menunjuk angka pada kwitansi pembayaran gaji pada bagian total gaji diterima)..
Kepala dinas : hmm…

Mukidi jadi op simtun...

Mukidi : selamat siang mas..
Admin : siang pak... ada yg bisa di bantu?
Mukidi : iya pak... ada guru saya ga masuk di simtun pak... padahal datanya sudah valid...
Admin : ooh.. validnya dimana pak? (Sambil garuk2 kepala.. bingung sdh valid tapi kok ga ada disimtun)
Mukidi : disistem mas..
Admin : sistem yang mana pak...
Mukidi : didapodiknya valid pak...
Admin : oooh... kok tau sdh valid... yang valid apanya pak?
Mukdi : valid isianya mas.. udah sesuai semua dengan berkas...
Admin : ooh... bapak kk datadik atau op simtun?
Mukidi : saya op simtin mas..
Admin : trus datanya ada disimtun?
Mukidi : tdk ada mas...
Admib : datanya valid?
Mukidi : valid mas..
Admin : kok ga ada data bisa valid...
Mukidi : (bingung)
Admin : (bengong)... begini pak.. bapak sdh entri belum data kelulusannya di simtun...
Mukidi : belum mas...
Admin : entri dulu.. nanti akan divalidasi.. selama proses validasi data memang blom masuk ke simtun.. setelH semua berkas yg diperlukan maauk kesistem dan dianggap vali…

Mukidi jadi ops...

Mukidi : pak kapan gtk ambil data dapodik utk semester ini...
Org gtk: mmm...(baru mau jawab)
Mukidi : kapan terakhirnya??
Org gtk : mmm (baru mau jawab)
Mukidi : saya belum selesai isi dapodiknya pak..
Org gtk : emang berapa pak siswa barunya?
Mukidi : cuma 20 orang pak..
Org gtk : ooo... kapan mulai dientrinya?
Mukidi : belum sempat pak...
Org gtk : oooh.. banyak tugas ya..
Mukidi : tidak sih.. cuma blom ingin saja...
Org gtk : oh... gitu ya... gtk narik data dari bulan januari pak... dan sudah betakhir tgl 30  pak...
Mukidi : waduh saya telat ya pak...
Orh gtk: tidak pak... anda tidak telat...tapi anda belum mulai... Selamat buat mukidi-mukidi yg lain...
Salam dan salut...
Selamat mengejar kereta yg sedang jalan...
Yanh memgalami susah syncron.. semoga selalu diberikan kesehatan dan kesabaran..
Yg sdh berhasil syncron selamat...
Yg belum dapat honor saya ga bisa comment..#anemahginiorangnya