Skip to main content

Wakepo cari NRG...

Mentari masih belum tinggi.. baru sedikit kepalanya yang menyembul ke muka bumi. Rambut merahnya baru sebagian terlihat.. orang-orang dari musolah juga belum pulang semua.. butiran-butiran embun masih membasahi daun-daun talas di pinggir jalan..
Wakepo sudah nampak rapi dengan stelan hitam putih khas penampakan dirinya..
wakepo nampak sibuk menyiapkan beraneka macam berkas, map merahnya nampak tebal dengan susunan berkas-berkas yang tidak begitu jelas..
wakepo : mah...
istri : iya pih..
wakepo : pipih nanti pulang agak sore atau mungkin malam ya, pipih mau urus sertifikasi pipih.. nanti kalau berhasil pipih akan bawakan mamah oleh-oleh ya..
istri : ok pih.. jangan lupa sarapannya pih, biar ada tenaga..
wakepo : wah.. ga sempet mah.. pipih sudah kesiangan..
istri : mataharinya masih tidur pih.
Wakepo : itulah mah.. pipih lagi berlomba sama ayam.. biar rejekinya ga dipatok duluan sama ayam..

Wakepo bergegas berangkat..
dalam hati dia berdoa semoga urusannya lancar..

alkisah wakepo sampai juga di sekolah, dia langsung mencari gubhi ops yang lugu.
gubhi sedang duduk dikantin bu ida, menikmati sepiring uduk dengan sambel tomat plus bakwan toge dan tempe goreng..
Wakepo : gubhi...
gubhi : iya pak, (agak terkejut)
wakepo : ayo kita berangkat..
gubhi : sebentar pak, uduk saya belum habis..
wakepo : tinggalin aja.. nanti makan disana setelah saya dapat tpg..
gubhi : aduh tanggung.. ini nanti kalo di tinggal dia nangis..siapa yang mau ngediamin.. kasian pak..
wakepo : kasih bu ida biar dia yg diemin..
Gubhi : siap pak... kita pake apa kesananya pak..
wakepo : pake motor saja biar cepet.. kalo pake angkot lama...
gubhi : ok..siap pak... saya ambil tas dan laptop dulu..
wakepo : cepetan nanti keburu siang..
gubhi : bapak ga ngajar dong hari ini... anak-anak siapa yang ngajar pak..
wakepo : sudah ambil tas sana..
gubhi : siap pak.. saya ambil helm saya dulu..
wakepo : sekalian motornya..
Gubhi : wah... enakan boncengan saja pak lebih irit..
wakepo : iya kita boncengan.. kamu yang bawa saya yang bonceng...
gubhi : ashiap... kunci motornya mana pak..
wakepo : ya sama kamu.. masa kunci motor kamu sama saya..
gubhi : wah... saya pikir pakai motor bapak... motor saya bensinnya habis pak..
wakepo : beli lah dulu.. dipangkalan bang udin sana...
gubhi : heheh kantong kering pak.   Uduk aja masih ngebon...
wakepo : ya usahalah...
gubhi : maaf pak.. saya ga jadi betangkat.. mules perut ..
wakepo : kamu ini bagaimana sih.. ini saya kan mau urus nrg saya dan tpgnya sekalian..
gubhi : nrg buat siapa pak..
Wakepo : ya buat saya...
gubhi : tpgnya buat siapa?..
wakepo : ya buat saya...
Gubhi : nanti kalo cair masuk rekening siapa?
wakepo : ya sayalah masa rekening kamu..
gubhi : lalu yang buat saya ga ada..
wakepo : ya ga ada
gubhi : lalu buat apa saya capek2 kesana, keluar ongkos beli bensin, buang waktu dan tenaga?.. mending saya pulang pak.. cari rezeki tambahan...

Gubhi pergi...
wakepo cuma bisa memandang punggung gubhi yang semakin menjauh..
amarahnya tertahan, mukanya merah, tangannya mengepal.. kalau saja itu film kartun, pasti kepalanya udah berasap..

akhirnya wakepo berangkat sendirian..

Comments

Popular posts from this blog

Apa tugas guru TIK (2)

Menunggu garuda tak jua mendarat,. menanti merpati lepas kendali,.. duduk termangu di ruang tunggu lihat tv politik mulu tak dilihat ada didepan mata mau dilihat pusing kepala akhirnya duduk sambil menunduk melihat laptop tuk buat coretan,.. coret-coret,..tidak karuan jenuh juga sendirian,.. ada gadis,, bukan kenalan sendirian,.. banyak orang tak dikenal sendirian,.. Ini masih  membahas lanjutan Apa tugas guru TIK  jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,... Beban Kerja Guru TIK : melakukan pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan . Bimbingan kepada peserta didik dapat dilaksanakan secara : klasikal atau kelompok belajar Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual , dan p engembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik .  Hak Guru TIK Guru TIK atau KKPI yang telah ...

Buka Kunci Kasus 1

Masih saja banyak yang bertanya bagaimana buka kuncian pada rombongan belajar. Saya tidak bisa menulis panjang lebar, tapi akan saya coba ilustrasikan sbb: Kasus 1 : Ada dua orang guru kelas Guru A dan B, kedua guru tersebut mengajar disekolah yang sama. pada kenyataannya kedua guru mengajar di kelas yang berbeda, Guru A mengajar di kelas 1A dan Guru B dikelas 1B. Karena keduanya memang mengajar dan tidak ada guru kelas lain dikelasnya, maka seharusnya keduanya bisa mendapatkan jumlah jam mengajar masng-masng minimal 24 jam, Tapi di Info GTK ternyata guru A mendapat 48 jam sedangkan guru B 0 jam,.. Kenapa begitu? Selidik punya selidik ternyata Guru A dimapping di kelas 1A dan di mapping juga di kelas 1B. jadi jumlahnya 48 jam, dan guru B cuma dimaping di kelas 1B tapi jamnya. Guru A sudah SKTP,.. saat sktp di terbitkan data guru B belum valid, sehingga jamnya masuk kedalam jam guru A, Yang kasus seperti ini mudah saja,.. asalkan dapodiknya sudah di isi sesuai ril keadaa...

Cerai dan Rujuknya Aplikasi tunjangan dengan Dapodik,...

Pagi ini di medan sangat tidak bersahabat untuk bekerja,... Cuaca mendung kamar juga terasa dingin,.. ditambah hebusan AC yang membuat selimut tidak mau turun,.. tapi harus dipaksakan bangun,...bangun,..bangun,..mandi,..mandi,.. tugas untuk menyampaikan pesan teknis kepada Operator Sekolah PKLK yang dulu SLB sudah menanti,.. ingat PKLK jadi ingat masa 3-4 tahun yang lalu,.. Tidak usah bahas masa lalu,..sekarang mari kita pandang kedepan, apa yang harus kita lalui sehingga data sekolah menjadi valid dan tidak bermasalah disemua tunjangan guru. operator adalah "pahlawan tanpa tanda jasa" jadi marilah kita " pindahkan data " dari berkas kedalam digital, ingat operator hanya memindahkan data dari berkas manual kedalam digital,...sekali lagi hanya memindahkan,.. jangan ambil tanggung jawab orang lain menjadi tanggung jawab anda. Pada sistem pendataan yang baik dan untuk menjaga keakuratan data serta untuk mencegah timbulnya manipulasi, maka penerapan batasan m...