Menunggu garuda tak jua mendarat,.
menanti merpati lepas kendali,..
duduk termangu di ruang tunggu
lihat tv politik mulu
tak dilihat ada didepan mata
mau dilihat pusing kepala
akhirnya duduk sambil menunduk
melihat laptop tuk buat coretan,..
coret-coret,..tidak karuan
jenuh juga sendirian,..
ada gadis,, bukan kenalan
sendirian,..
banyak orang tak dikenal
sendirian,..
Ini masih membahas lanjutan Apa tugas guru TIK jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,...
Beban Kerja Guru TIK :
menanti merpati lepas kendali,..
duduk termangu di ruang tunggu
lihat tv politik mulu
tak dilihat ada didepan mata
mau dilihat pusing kepala
akhirnya duduk sambil menunduk
melihat laptop tuk buat coretan,..
coret-coret,..tidak karuan
jenuh juga sendirian,..
ada gadis,, bukan kenalan
sendirian,..
banyak orang tak dikenal
sendirian,..
Ini masih membahas lanjutan Apa tugas guru TIK jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,...
Beban Kerja Guru TIK :
melakukan
pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau
lebih satuan pendidikan.
Bimbingan kepada
peserta didik dapat dilaksanakan secara:
- klasikal atau kelompok belajar
- Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual, dan pengembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik.
Guru TIK atau
KKPI yang telah melaksanakan beban kerja dan kewajibannya berhak mendapatkan angka
kredit dan tunjangan profesi pendidik sesuai dengan ketentuan
perundang-undangan.
Uraian Tugas.
1.
Guru TIK melaksanakan layanan bimbingan TIK
kepada peserta didik untuk:
- mencari, mengolah, menyimpan, menyajikan, menyebarkan data dan informasi dalam rangka untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran.
- pengembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, dan kepribadian peserta didik, dengan memanfaatkan TIK sebagai sarana untuk mengeksplorasi sumber belajar
2.
Guru TIK melaksanakan layanan bimbingan TIK
kepada sesama guru untuk:
- pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran;
- persiapan pembelajaran;
- proses pembelajaran;
- penilaian pembelajaran; dan
- pelaporan hasil belajar.
3. Guru TIK melaksanakan fasilitasi kepada tenaga
kependidikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem manajemen sekolah:
No
|
Uraian tugas
|
Hasil
|
1
|
menyusun rancangan pelaksanaan layanan teknologi informasi dan
bimbingan TIK
|
Rencana Pelaksanaan layanan TIK *
|
2
|
melaksanakan layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK per semester untuk :
|
Laporan Layanan TIK untuk
|
3
|
menyusun alat ukur/lembar
kerja program layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
|
Instrumen evaluasi Layanan TIK*
|
4
|
mengevaluasi
proses dan hasil layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
|
Data hasil evaluasi Layanan TIK *
|
5
|
menganalisis
hasil layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
|
Data hasil analisis *
|
6
|
melaksanakan
tindak lanjut hasil evaluasi dengan memperbaiki layanan teknologi informasi
dan bimbingan TIK
|
Program tindak lanjut *
|
7
|
menjadi
pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat
sekolah dan nasional
|
Laporan pengawasan
**
|
8
|
mengembangkan
sistem informasi manajemen sekolah berbasis teknologi informasi
|
Program
pengembangan **
|
9
|
membimbing peserta didik dalam
kegiatan ekstrakurikuler
|
Laporan kegiatan bimbingan ekstrakurikuler *
|
10
|
melaksanakan pengembangan diri
|
Sertifikat dan Laporan kegiatan pengembangan diri **
|
11
|
melaksanakan publikasi ilmiah
dan/atau membuat karya inovatif
|
Hasil karya ilmiah
**
|
Keterangan :
Penghargaan yang diberikan kepada guru berupa:
* Pemenuhan Beban Kerja
** Pemenuhan Angka Kredit
Program Kegiatan
Program guru TIK atau KKPI merupakan kegiatan bimbingan dan fasilitasi
yang akan dilaksanakan secara terjadwal bagi peserta didik, sesama guru dan tenaga kependidikan di sekolah
yang berkaitan dengan mencari, mengolah, menyimpan, menyajikan, menyebarkan
data dan informasi dalam rangka untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran
Jenis Program
1.
Program
tahunan yang di dalamnya
meliputi program semesteran dan bulanan yaitu program yang akan dilaksanakan
selama satu tahun pelajaran dalam unit semesteran dan bulanan.
- Program ini mengumpulkan seluruh kegiatan selama satu tahun untuk masing-masing kelas.
- Program tahunan dipecah menjadi program semesteran dan program semesteran dipecah menjadi program bulanan
2. Program bulanan yang didalamnya meliputi program mingguan
dan harian, yaitu program yang akan dilaksanakan selama satu bulan dalam unit
mingguan dan harian.
- Program ini mengumpulkan seluruh kegiatan selama satu bulan untuk kurun bulan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya dengan modifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sesama guru dan tenaga kependidikan di sekolah.
- Program bulanan merupakan jabaran dari program semesteran, sedangkan program mingguan merupakan jabaran dari program bulanan
3. Program harian yaitu program yang akan dilaksanakan pada
hari-hari tertentu dalam satu minggu.
- Program harian merupakan jabaran dari program mingguan untuk kelas tertentu.
- Program ini dibuat secara tertulis pada satuan layanan dan atau satuan kegiatan pendukung pelaksanaan bimbingan dan fasilitasi TIK atau KKPI.
Unsur-Unsur Program
Bimbingan & Layanan TIK
a) Kebutuhan peserta didik, sesama guru dan
tenaga kependidikan di sekolah.
b) Jumlah peserta didik yang wajib dibimbing
oleh guru pembimbing paling sedikit 150 orang; Kepala sekolah yang berasal dari
guru TIK atau KKPI, melaksanakan
pembimbingan kepada peserta didik paling sedikit 40 orang; wakil kepala sekolah
yang berasal dari guru TIK atau KKPI, melaksanakan pembimbingan kepada peserta
didik paling sedikit 80 orang.
c) Bidang-bidang bimbingan meliputi hal-hal
terkait dengan peningkatan kompetensi TIK atau KKPI.
d) Jenis-jenis layanan : layanan klasikal, kelompok, dan individu
e)
Kegitan
pendukung: video pembelajaran TIK atau KKPI.
f)
Frekuensi
layanan: setiap peserta didik mendapatkan berbagai layanan minimal lima kali
dalam setiap semester, baik layanan dalam format perorangan, kelompok maupun
klasikal.
g)
Lama kegiatan:
setiap kegiatan (kegiatan layanan dan pendukung) berlangsung sekitar 2 jam.
h)
Waktu kegiatan: kegiatan layanan dan pendukung
dilaksanakan pada jam pelajaran sekolah dan/atau diluar jam pelajaran sekolah.
i)
Kegiatan
khusus: pada semester pertama setiap tahun ajaran baru diselenggarakan layanan
orientasi kelas/sekolah bagi peserta didik baru terkait dengan kemampuan TIK
Materi Program
Program bimbingan dan
fasilitasi TIK berisikan materi yang merupakan sinkronisasi dari unsur-unsur :
- Tugas perkembangan kemampuan peserta yang mendapatkan layanan TIK
- Bidang-bidang terkait dalam bimbingan TIK
- Jenis-jenis layanan dan kegiatan pendukung bimbingan TIK.
Rincian Program
- Program untuk periode yang lebih besar dijabarkan menjadi program-program yang lebih kecil :
- Program tahunan dirinci menjadi program semesteran
- Program semester dirinci menjadi program bulanan
- Program bulanan dirinci menjadi program mingguan
- Program mingguan dirinci menjadi program harian
Program harian dirumuskan
dalam bentuk program satuan layanan dan satuan kegiatan pendukung yang
masing-masingnya memuat:
- Sasaran: siswa yang akan dilibatkan dalam kegiatan
- Tujuan: dirumuskan dalam bentuk kompetensi
- Materi: isi kegiatan yang dapat mengarahkan tercapainya kompetensi yang dimaksudkan
- Metode: cara yang akan ditempuh untuk tercapainya kompetensi yang dimaksudkan
- Waktu: kapan kegiatan dilakukan
- Tempat : dimana kegiatan dilakukan
- Penilaian: bagaimana hasil kegiatan dapat diukur dan diketahui
Tahapan Pelaksanaan Program Satuan Kegiatan
Pelaksanaan program satuan
kegiatan yaitu kegiatan layanan dan kegiatan pendukung merupakan ujung tombak
kegiatan bimbingan dan fasilitasi TIK
atau KKPI secara keseluruhan.
Tahapannya:
- Perencanaan
- Pelaksanaan
- Penilaian
- Analisis Hasil
- Tindak Lanjut
Penilaian Hasil Layanan
Bimbingan atau Fasilitasi
- Penilaian ditunjukan oleh perolehan peserta didik, sesama guru, dan tenaga administrasi yang mendapatkan layanan bimbingan atau fasilitasi TIK atau KKPI.
- Perolehan nilai diorientasikan pada peningkatan kemampuan TIK atau KKPI bagi pesert didik, sesama guru dan tenaga kependidikan di sekolah dalam peningkatan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan.
- Penilaian dapat dilakukan melalui :
► Format individual, kelompok dan/atau
klasikal.
► Media lisan dan/atau tulisan.
- Penggunaan panduan dan atau instrumen baku dan atau yang disusun sendiri oleh guru TIK atau KKPI
Uraian Prosedur Kerja
1.
Kepala Sekolah:
a.
Jenjang SMP/MTs menugaskan guru TIK melalui
wakasek kurikulum untuk :
§
Melakukan
analisis kebutuhan program layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal
TIK;
§
Membuat
program kerja layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal TIK;
§
Melaksanakan
program layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal TIK;
§
Mengevaluasi
pelaksanaan kegiatan layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal TIK
b.
Jenjang SMA/MA atau SMK/MAK menugaskan guru TIK
atau KKPI melalui wakasek kurikulum untuk :
§
Melakukan
analisis kebutuhan program layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal
TIK dan/atau muatan peminatan;
§
Membuat
program kerja layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal TIK dan/atau
muatan peminatan;
§
Melaksanakan
program layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal TIK dan/atau muatan
peminatan;
§
Mengevaluasi
pelaksanaan kegiatan layanan Teknologi Informasi dan/atau muatan lokal TIK
dan/atau muatan peminatan
2.
Guru TIK atau KKPI menyusun program layanan
teknologi informasi (kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan)
yang memuat:
a.
Pendahuluan yang
terdiri atas: latar
belakang, tujuan dan jenis kegiatan layanan teknologi
informasi.
b.
Kegiatan
layanan teknologi informasi yang terdiri atas:
1.
Tahap
perencanaan
2.
Tahap pelaksanaan
3.
Tahap evaluasi
4.
Tahap analisis hasil evaluasi
5.
Tahap tindaklanjut
c.
Penutup
3.
Guru
TIK atau KKPI menyusun program sebagai materi layanan, meliput :
a.
Perencanaan.
1.
Penyusunan
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
2.
Penyusunan
Silabus
3.
Penyusunan
Buku Teks untuk siswa dan guru
4.
Penyusunan
RPP
b.
Pelaksanaan
1.
Kegiatan
Pendahuluan
2.
Kegiatan
inti
3.
Kegiatan
Penutup
c.
c.
Penilaian
Comments