Thursday, August 7, 2014

Apa tugas guru TIK ????

Apa benar guru TIK sekarang lebih enak, mudah untuk mendapatkan tunjangan profesi, cukup hanya pemenuhan siswa 150 orang????

Jawabannya silahkan simak tulisan dibawah ya,...(maksa biar tulisannya tidak mubajir),...

Kalau dilihat pada perubahan kurikulum KTSP ke kurikulum 2013 guru TIK tidak lagi menjadi mata pelajaran yang diajarkan didalam kelas, bahkan daerah yang menjadikan TIK sebagai mulok potensi daerah pun, belum bisa diakomodir,...
lalu apakah guru TIK akan hilang ??,...




Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir:

  • pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik.
  • pola pembelajaran satu arah menjadi pembelajaran interaktif.
  • pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring.
  • pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari.
  • pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok.
  • pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia.
  • pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik
  • pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
  • pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis
Lalu apa peran guru TIK???

Untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran aktif, diharapkan guru memanfaatkan berbagai sumber belajar agar potensi peserta didik dapat dikembangkan secara maksimal untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang mendukung potensi peserta didik dalam pelaksanaan kurikulum pembelajaran di sekolah perlu didukung dengan pemanfaatan TIK yang dapat mengekplorasi sumber belajar secara efektif dan efisien
Ada tiga tugas utama guru TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013 

  • membimbing peserta didik pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencapai SKL.  
  • memfasilitasi sesama guru pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam menggunakan TIK untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
  • memfasilitasi tenaga kependidikan pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam mengembangkan SIM sekolah berbasis TIK

membimbing peserta didik :
Ini berarti guru TIK berkewajiban memimbing siswa untuk mencari, mengolah, menyiapkan, medistribusikan, menyajikan, menginformasikan serta memanfaatkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran.
memfasilitasi sesama guru 
Ini berarti guru TIK berkewajiban memfasilitasi sesama guru SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencari, mengolah, menyiapkan, medistribusikan, menyajikan, menginformasikan, memanfaatkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. 
Kegiatan fasilitasi melalui kegiatan antara lain: 
Workshop, In House Training, Pertemuan MGMP, dan pelatihan Guru Individual; mencari sumber belajar, pembuatan media pembelajaran, pengolahan nilai menggunakan spread sheet 

memfasilitasi tenaga kependidikan 
Ini berati guru TIK memiliki kewajiban untuk memfasilitasi tenaga kependidikan (bukan guru) SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK, melalui berbagai kegiatan, antara lain.
Workshop, In House Training, dan pelatihan Tenaga Kependidikan, berupa Pengisian Dapodik, Instalasi dan Entri Data SIMPAK, e-Kinerja Guru, inventarisasi kegiatan PKB bagi guru, Instalasi dan Entri data Sistem Informasi Perpustakaan
Individual; memberikan konsultasi sesuai dengan kebutuhan tenaga kependidikan dalam hal implementasi sistem informasi manajemen sekolah.  


itu dulu ya,..
udah laper,..
mau makan dulu
Salam,...

Post a Comment