Skip to main content

BSD 207

INSTALASI BSD 207

Sebelum melakukan instalasi disarankan untuk mencopot/uninstall aplikasi BSD yang lama terlebih dahulu.


1.       Unduh file instalasi BSD 207 dari sumber penyedia.
 
Installer :
https://drive.google.com/file/d/0B0YDEso4YLxkNVUxVEdob3g0d28/edit?usp=sharing

2.       Masuk ke lokasi penyimpanan hasil unduhan BSD 207.


3.   Jalankan installer dengan cara melakukan klik dua kali atau (disarankan) klik kanan pada file installer kemudian pilih Run as Administrator.


  
4.       Akan tampil jendela instalasi aplikasi kemudian pilih tombol Next.


5.       Tampilan selanjutnya adalah persetujuan lisensi kemudian pilih tombol Next.


6.       Pada pilihan tujuan instalasi disarankan untuk membiarkan tujuan yang sudah secara otomatis dipilih oleh aplikasi installer, kemudian klik tombol Next.




 7.    Apabila sebelumnya pernah memasang aplikasi BSD akan muncul konfirmasi
folder yang sama sudah ada kemudian pilih tombol Yes untuk melanjutkan.


8.       Pada tahap pemilihan folder start menu lanjutkan dengan memilih tombol Next.


9. Tahap selanjutnya adalah tawaran untuk memasang icon pada desktop sangat disarankan untuk    
    mempermudah penggunaan, pilih Create desktop icon kemudian pilih tombol Next.



10.   Untuk memulai proses instalasi pilih tombol Install, apabila masih belum yakin dengan pengaturan 
       sebelumnya silahkan pilih tombol Back, sedangkan untuk membatalkan proses instalasi pilih tombol 
       Cancel.



11. Proses instalasi membutuhkan waktu beberapa menit (tergantung kondisi komputer) , apabila proses instalasi selesai akan muncul jendela terakhir yang menyatakan proses instalasi sudah selesai, klik tombol Finish untuk menutup jendela installer.


Proses Bakcup Data Dapodik

1.       Buka aplikasi BSD yang sudah terpasang pada komputer (disarankan dengan cara klik kanan pada icon kemudian pilih Run as Administrator)



2.       Tampilan pertama aplikasi akan menampilkan daftar sekolah yang tersimpan pada komputer tersebut, 
       pilih salah satu (apabila lebih dari satu) kemudian pilih tombol Lanjutkan.



3.     Proses backup akan langsung dimulai tahapan demi tahapan seperti yang
tampil pada kotak putih.
4.   Selama proses belum selesai maka tombol ‘Kembali’ dan ‘Simpan’ dalam kondisi tidak aktif, apabila proses berhasil maka akan tampil seperti berikut



5.   File hasil backup langsung dikitim ke server P2TK dikdas, disarankan menyimpan file pada komputer lokal juga dengan memilih tomobol Simpan.
6.    Pengiriman ke server secara langsung dibatasi tiap hari tiap sekolah. Apabila telah berhasil mengirimkan pada pengiriman selanjutnya akan tampil seperti berikut.



7. Selamat bekerja
Post a Comment

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…