Skip to main content

Arisan

Pagi hari kamis 28 desember 2017, wakepo duduk manis di serambi gubuknya ditemani secangkir air putih.. Dan sebungkus nasi uduk beli dipinggir jalan depan rumah sakit umum darmo aji..
Sedang asiknya menikmati nasi uduk plus semur jengkol, tiba-tiba datang padome.
Padome : assalamualaikum..
Wakepo : waalaikum salam.. Eh ente dom.. Kenape, tumben pagi-pagi dah nongol disini..
Padome : hehehe.. Kebetulan libur.. Sambil jalan2 pagi.. Mau ngobrol2 tentang dapodik 2018.. Tadi pagi baca status admin gtk.. Gw ga faham maksudnya..
Wakepo : ah.. Lo status fb aja di tanggapi serius..
Padome : serius sih ngga.. Cuma 2 rius..
Wakepo : status yang mana?
Padome: itu status tadi pagi.. Tentang jangan lagi ada arisan.. Maksudnya apa ya
Wakepo : ooh yang itu..
Padome: iya.. Masa arisan aja admin gtk ngatur2.. Emang siapa dia..
Wakepo : tau.. Siapa sih dia.. Sembarangan aja ngelarang arisan..
Padome : iya..siapa dia coba..
Wakepo : lo udah tanya yg laen belum?
Padome: belum sih..
Wakepo: tanya yang laen dulu dech..
Padome: biasanya kan kamu yang lebih tau di bandingkan yang laen..
Wakepo : kali ini ane ga faham..
Padome: emang apa sih yg di maksud dia..
Wakepo : sabar ya.. Makan uduk dulu.. Kamu sudah makan belum.. Tuh masih ada sebungkus..
Padome: hehehe.. Rezeki anak soleh ga kemana..
Wakepo : emang bapakmu soleh ya.. Baru tahu ane..
Padome: sekarepmu... Yang penting uduk..

Wakepo dan padome selesai makan uduk plus plus..

Wakepo : kamu baca di statusnya siapa sih yang ngelarang arisan..
Padome: itu statusnya mas nazar..
Wakepo : ooh..
Padome: dia biasa kalo nulis status suka ga jelas.. Bikin ane bingung..
Wakepo : iya,.. coba ane  liat dulu statusnya,.. ane blom buka fb dari kemaren,.. hpnya mati,..

wakepo sibuk buka-buka hpnya,.. di elus-elus hpnya dengan lembut dengan jempolnya yang buntet persis jengkol bantat.

wakepo : yang mana sih statusnya yang ente maksud itu padome?..
padome : coba liat dulu dech,.. nah yag itu,...(padome ikut-ikutan nyumbang telunjuk senggol-senggol layar hpnya wakepo)
Wakepo : oh,. yg ini,.. kalo yang ini bisa dijelasin nih,.. ente inget ga,. semester kemaren si ghabi banyak gurunya yang ga bisa terbit SKTP..
Padome : iya-ya,.. ane inget,.. itukan gara-gara dia mindah-mindahin siswa tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya,.. itu jelas salah si ghabi,.. apa hubungannya dengan arisan,..
Wakepo : coba liat lagi lebih dalam,.. si ghabi mindah-mindahin siswa tujuannya buat apa?
Padome : supaya jumlah siswa dalam rombelnya cukup,.. tapi kan sebenarnya memang ga cukup,.. yang ane bingung apa hubungannya dengan arisan,..
Wakepo : terus gurunya bisa terbit semua ga SKTPnya?
Padome : ah ente muter-muter doang dari tadi,.. ya jelas ngga lah,.. kan memang siswanya ga cukup,.. hubungannya dengan arisan apa?
Wakepo : liat ilustrasinya ya,..

Rombel
Jumlah Siswa

7a
20

7b
18


Rombel
Guru Mapel
Rombel Normal (murid 20)
Rombel Tidak Normal (murid kurang 20)
JJM di rombel
JJM dikelas lain
Total JJM
JJM di rombel
JJM dikelas lain
Total JJM
7a
Matematika
4
24
28
4
24
24
Bahasa Indonesia
4
20
24
4
20
20
IPA
4
21
25
4
21
21
Rombel
Guru Mapel
Rombel Normal (murid 20)
Rombel Tidak Normal (murid kurang 20)
JJM di rombel
JJM dikelas lain
Total JJM
JJM di rombel
JJM dikelas lain
Total JJM
7b
Matematika
4
24
28
4
24
24
Bahasa Inggris
4
20
24
4
20
20
IPS
4
21
25
4
21
21

Berdsarkan data diatas guru apa yang bisa terbit sktpnya?

Padome : bisa terbit semua lah,.. kan semuanya lebih dari 24 jam
Wakepo : liat lagi yang bener,.. 
Padome : bener ane udah melotot nih liatnya,..
Wakepo : dalam kondisi datas rombel 7a normal ga?
Padome : normal
Wakepo : dari mana ente tahu kalau rombelnya normal?
Padome : jumlah siswanya cukup 20..
Wakepo : kalo gitu kelas 7b normal ga?
Padome : tidaklah,.. kan kelas 7b cuma 18 orang,..
Wakepo : Kalo ga normal jumlah jam mengajar dikelas 18 di hitung tidak?
Padome : iya-ya tidak dihitung,..
Wakepo : jadi,.. kalau menurut data diatas yang bisa SK siapa ?
Padome : guru yang ada dikelas 7a diatas bisa sk Semuanya,..?
Wakepo : goods,.. faham ya,..
Padome : ane faham,.. tapi apa hubungannya dengan arisan,..
Wakepo : nah si ghabi berfikir dengan memfalidkan terlebih dahulu kelas 7b, sehingga guru2 kelas 7b terbit sktpnya baru dia urus yang kelas 7a,.. karena dikelas 7b ada guru titipan pejabat.
Padome : terus,.. arisannya mana?
Wakepo : sama si ghabi 2 orang siswa kelas 7a di pindahin sementara kekelas 7b,..agar kelas 7b normal, siswanya 20 orang... dia ubah dapodiknya, kemudian dia syncronkan,..
Padome : arisannya dimana?
Wakepo : setelah data masuk ke server gtk,.. data kelas 7b normal dan kelas 7a tidak normal,. karena jumlah siswa 7b 20 sedangkan 7a cuma 18,.. terbitlah SKTP guru-guru dikelas 7b.
Padome : arisannya mana??
Wakepo : setelah SKTP terbit untuk guru-guru kelas 7b,.. si ghabi pindahin lagi siswa yang tadi di tempatkan di kelas 7b,..dia balikin ke kelas 7a sesuai dengan data asli disekolahnya..
Padome : ooh,.. tapi ga arisan tuh,..dimana arisannya?
Wakepo : karena data siswa akan dikunci di GTK saat ada guru yang sudah terbit SKTP,.. maka 2 orang siswa yang tadi dipindahin sementara di kelas 7b sudah di kunci dikelas 7b,.. di GTK siswa tersebut tidak bisa lagi di akui kelas 7a...walaupun didapodiknya bisa... 
lalu gurunya protes,. saya mengajar dikelas yang jumlah siswanya 20 orang, kenapa jjmnya tidak diakui,.. nah kalo udah begini siapa yg salah,..
gara-gara mindah-mindahin siswa seperti itu akhirnya ada  yang merasa dirugikan,..

Padome : arisannya dimana???
Wakepo : ente pikir sendiri aja,..dimana arisannya,.. kalau sudah tau tempatnya kasih tau ane,..


Post a Comment

Popular posts from this blog

Hadir GTK

Semester depan seperti amanat Permendikbud no 10 tahun 2018, hadir gtk efektif di terapkan..Nanti tidak lagi login ,clik kehadiran dan simpan...Harus sudah pakai mesin Finger print. Kecuali TK.

Bagaimanakah seharusnya guru BK dan TIK di Dapodik agar SKTPnya tidak bermasalah??

Lama rasanya tidak menulis apapun dalam blog ini,..
Hampir 3 bulan diterlantarkan karena kesempatan menulis yang sangat sulit dicapai,..
Sebelumnya saya mau mengucapkan
SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN,..
saya berharap juga semoga tidak ada tekanan bathin,...

Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang bagaimana seharusnya GURU BK dan TIK di tempatkan di dapodikdas, menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan yang terbaru guru TIK kedudukannya sama dengan dengan GURU BK, yaitu membina dan membimbing siswa minimal 150 orang siswa yang ekwivalen dengan 24 jam, jumlah minimal 150 orang siswa ini diperlukan agar tunjangan profesinya bisa dibayarkan.  Secara teori sebenarnya mudah menentukan seorang Guru BK atau TIK itu bisa memenuhi batas minimum siswa atau tidak, cukup dengan melihat jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut.  Teorinya memang demikian, tapi kenyataanya kenapa masih ada guru BK yang harus terbit SKTPnya di akhir semester?..  Bagi seko…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…