Thursday, May 30, 2013

Sudah Update Data di Dapodik namun tidak bisa login untuk Cek Info PTK

Banyak pertanyaan yang masuk, kenapa saya tidak bisa login untuk cek info guru pada link yang sudah ditentukan (http://223.27.144.195:8083/info.php)
ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada data guru tersebut diantaranya :


  1. Belum memiliki NUPTK atau tidak menginput NUPTK pada dapodik
  2. NUPTK atau tanggal lahir yang diisi pada lembar info tidak sama dengan yang diinput pada aplikasi dapodik
  3. Data belum masuk ke database P2TK (data masuk ke server p2tk jika status kirim sudah BERHASIL PROSES)
  4. Format tanggal berubah karena perbedaan setting waktu pada computer (Indonesia dd-mm-yyyy, USA : mm-dd-yyyy)
itu adalah beberapa sebab yang mengakibatkan guru tidak dapat masuk/login sehingga tidak dapat melihat status datanya. untuk mengatasi hal tersebut lakukan hal sbb :
  1. Periksa kembali NUPTK dan Tanggal Lahir Pada Dapodik, pastikan sudah benar
  2.  Pastikan data sudah “Berhasil Diproses” melalui manajemen pendataan (http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id)  
  3. Coba kombinasi bulan dan tanggal lahir pada password. Yyyymmdd dan yyyyddmm
Harus di fahami bahwa proses upload dapodik dari aplikasi sekolah sampai bisa keluar pada lembar info itu memiliki beberapa tahapan :
  1. Pada saat di upload statusnya berhasil kirim via aplikasi
  2. kemudian server dapodik melakukan cek konversi database statusnya cek konversi
  3. setelah cek konversi selesai statusnya jadi berhasil diproses  
 data yang masuk kedalam server Info guru adalah data yang sudah berhasil diproses dan dilakukan filterisasi di server P2TK


Post a Comment