Skip to main content

Jumlah Jam Mengajar Kosong

Seorang guru bersertifikat tidak akan bisa terbit SKTPnya jika tidak bisa memenuhi jumlah jam mengajar kurang dari 24 jam. Jumlah jam minimal 24 jam berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 adalah menjadi syarat mutlak untuk penerbitan SKTP, selain harus 24 jam bidang studi yang diajarkan juga harus linier dengan bidang studi sertifikasi.

Sampai saya saat tulisan ini saya upload peraturan yang digunakan adalah PP 74 tahun 2008.

Guru yang mendapati lembar info gurunya tidak ada jam mengajarnya karena rombongan belajar tidak ada, tidak perlu panik. Ini bisa terjadi karena maping rombel yang dilakukan di aplikasi dapodik sekolah belum ada.
Kenapa harus maping rombel, maping rombel diperlukan untuk mendeteksi jumlah jam mengajar guru pada kelas. sebab guru profesional yang tidak mengajar tidak berhak atau hilang haknya untuk  menerima tunjangan profesi.

maping rombel di dapodik dapat dilakukan dengan cara sbb :

pada aplikasi dapodik sekolah :



  1. Adalah grid untuk menambah/ubah/hapus daftar rombongan belajar, termasuk memilih tahun ajaran maupun wali kelas, tingkat rombongan belajar & prasarana yang digunakan. Pilih salah satu rombel untuk melihat daftar peserta didik yang terdaftar di rombel tersebut maupun guru(PTK) yang mengajar pada rombel tsb.
  2. Adalah daftar Peserta Didik yang Terdaftar pada rombel tersebut. Daftar ini berubah pada saat terjadi perubahan pada pilihan baris rombel.
  3. Adalah grid yang menjadi referensi daftar peserta didik dan PTK. Untuk menambahkan peserta didik pada suatu rombel, pilihlah beberapa baris peserta didik di grid ini, kemudian tarik (drag) ke grid daftar “Peserta Didik Terdaftar” (no.2). Begitu pula untuk menambahkan guru pengajar/PTK. Di menu ini juga disediakan fitur search, untuk mencari data peserta didik. 
    •  
  4. Untuk memilih dengan muliple select, Tekan Ctrl sambil mengklik satu persatu nama peserta didik.
  5. Setelah itu klik mouse dan tahan kemudian seret dan jatuhkan di grid "Peserta Didik Terdaftar"
    •  

    •  
  6.  Maka akan muncul isian tanggal terdaftar serta jenis pendaftaran
  7. Berikut hasilnya :
  8. Hal yang sama dapat dilakukan dengan grid PTK, pilih PTK di menu 2 (tab PTK) lalu pilih PTK yang di maksud. Kemudian seret (drag) dan jatuhkan (drop) ke menu 3 (tab PTK Mengajar)

(diambil dari manual book dapodik sekolah)
Lakukan hal tersebut untuk mapping rombel.





Comments

Popular posts from this blog

Apa tugas guru TIK (2)

Menunggu garuda tak jua mendarat,. menanti merpati lepas kendali,.. duduk termangu di ruang tunggu lihat tv politik mulu tak dilihat ada didepan mata mau dilihat pusing kepala akhirnya duduk sambil menunduk melihat laptop tuk buat coretan,.. coret-coret,..tidak karuan jenuh juga sendirian,.. ada gadis,, bukan kenalan sendirian,.. banyak orang tak dikenal sendirian,.. Ini masih  membahas lanjutan Apa tugas guru TIK  jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,... Beban Kerja Guru TIK : melakukan pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan . Bimbingan kepada peserta didik dapat dilaksanakan secara : klasikal atau kelompok belajar Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual , dan p engembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik .  Hak Guru TIK Guru TIK atau KKPI yang telah melaksanakan b

Mengapa data saya masih data seminggu yang lalu????

Februari 2014,.. Lama mempersiapkan lembar info PTK, bukan karena designnya,.. sangat menguras tenaga dan pikiran,. begadang bukan lagi sesuatu yang tabu tapi sudah merupakan sunah muakad,.. bahkan hampir mendekati wajib,. dengan persiapan yang cukup serius TIM data P2TK akhirnya dapat menyelesaikan Info PTK yang dipublish sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yaitu pada tanggal 1 Februari 2014. Namun bukan berarti semua sudah sempurna, masih banyak tampilan info dan bahkan isi info yang masih belum sesuai dengan keinginan. Masih ada beberapa informasi yang belum masuk, perbaikan dan penyempurnaan info PTK tetap dilaksanakan setiap hari sesuai dengan keadaan dan kondisi. Masih banyak teman-temen operator yang masih menanyakan kenapa data yang diuploadnya masih belum masuk kedalam Info PTK,?? kenapa data yang tampil adalah data lama?? kenapa rombelnya masih kosong?? dan sebagainya.. Memang dari tingkat kesulitan, memvalidasi data kiriman dari dapodikdas yang s

Info PTK (bag. I)

Hotel golden boutiqe angkasa masih dikepung banjir,.. air bertebaran dimana-mana,..matahari juga seolah enggan untuk menampakan wajahnya. Jakarta masih temaram walau jam dilaptop saya sudah menunjukan jam 8.15 pagi. Pelatihan peng-entrian dapodikdas untuk sekolah yang bermasalah sudah selesai, pertanyaan dan materi sudah dijawab dan disampaikan walau saya tidak tahu apakah dimengerti atau tidak. Kali ini saya ingin menyampaikan pembahasan tentang info ptk yang memang menjadi bahasan saya dipelatihan operator dapodikdas kali ini. Banyak sekali orang yang masih bertanya-tanya kenapa begini,.kenapa begitu.. bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu,.. Kenapa gaji pokok saya kok tidak sesuai dengan gaji yang saya tulisakan di lembar isian PTK,.. Kenapa masa kerja saya tidak sesuai dengan masa kerja di isian PTK,.. Kenapa dan kenapa lainnya,.... Kalau harus menjelaskan kepada setiap orang rasanya tidak selesai dalam waktu satu tahun, karena banyaknya PTK, dengan ini