Skip to main content

Honor ops 1...

Minggu pagi matahari bersinar cerah..sinarnya yang kuning keemasan menyilaukan mata.. suhu juga tidak panas, cuma hangat-hangat susu...
(Jangan komen hangat2 susu kaya gimana ya) namun pagi itu adalah pagi paling sumpek buat wakepo.. karena data sekolahnya termasuk dalam daftar sekolah yang belum syncron dapodik... disebut sekolah nakal lagi.. padahal dia adalah kepala sekolah teladan...
Wakepo : ini pasti gara-gara mukidi sentimen sama saya.. dia pasti sengaja ga syncron-syncron biar data sekolah saya jadi jelek.. biar saya dipanggil pengawas dan dinas... harus ditegur ini mukidi.. ga boleh dibiarkan ini... sabotase namanya ini..
(wakepo masuk kedalam rumah, ambil kunci mobil dan cuss berangkat kerumah mukidi dihari minggu pagi yang cerah dengan emosi yang membara karena merasa dirinya sudah didzolimi...)

Singkat kata singkat cerita wakepo sampai juga di rumah mukidi..

"assalamualaikum..." wakepo mengucapkan salam sebagai mana layaknya orang kalau bertandang kerumah orang lain.
"Waalaikum sallam" terdengar jawaban dengan suara manis dari dalam rumah..
Wakepo agak terkejut, "kok ada suara perempuan di rumah mukidi" dia mengernyitkat dahinya.. yang tanpa dikernyitkan juga memang sudah banyak lipatan didahinya.. tanda kalau dia itu sudah berusia..
Selagi wakepo sibuk dengan pikirannya muncul gadis manis dari dalam rumah.
"Cari siapa pak ?" Tanya gadis tersebut
"Oh.. eh.. mukidi ada?"
"Oh cari bang muki..bang muki lagi dibelakang rumah.. cari singkong buat temen kopi katanya.. maaf bapak siapa ya ?"
"Saya kepala sekolah tempat mukidi kerja" wakepo tersenyum bangga
"Oh.. bosnya bang mukidi.. sebentar pak saya panggil dulu.. "  gadis tersebut membalikan badannya.
"Oh.. jangan dulu.." cegah wakrpo, gadis itupun membatalkan balikan badannya.
"Iya pak.. ada apa"
"Boleh kita ngobrol dulu sebentar?"
"Boleh.. memangnya ada apa ya pak?.. kalau gitu monggo masuk dulu"
Wakepo masuk kedalam rumah, dia sudah hapal bener rumah mukidi sebab wakepo memang sudah sering keluar masuk rumah mukidi.. tapi hari ini beda.. keadaan rumahnya tertata rapi, tidak berantakan seperti sebelum-sebelumnya..
Wakepo duduk dikursi pojok.
"Maaf.. kalau boleh saya tahu adik ini siapa ya.. setahu saya mukidi belum nikah sampai saat ini.." wakepo mulai membuka percakapan
"Saya adiknya pak.. bang muki emang belum nikah.. setiap kali emak sama bapak nanya kapan nikah.. bang muki slalu bilang nanti kalau sudah punya kerjaan tetap.. sekarang sudah punya kerjaan tetap dia juga slalu mengelak kalo disuruh nikah.. saya ga tahu alasannya apa.. "..
"Ohhh" wakepo manggut-manggut
"Ini juga yang bikin bingung emak sama bapak.. katanya udah kerja tapi bayar kontrakan masih minta.. yang parah itu beli pulsa aja dia masih minta emak.."
Gadis itu melanjutkan.. mungkin dia ga sadar kalau dia sedang bicara sama bosnya mukidi
"Hhhhhh" wakepo manggut-manggut

"Ga tahu gajinya tiap bulan dipake buat apa aja.. "..
"Ohhh" wakepo manggut-manggut
"Padahal bang muki termasuk orang yang sangat hemat.. atau mungkin saking hematnya, pulsa aja masih minta emak.. biar cepet banyak kali tabungannya.."
"Hhhhh" wakepo manggut-manggut

"Kalau saya liat kerjaannya juga luar biasa pak... data seabreg-abreg dibawa kerumah.. itu berkas banyak banget.. tadi malam aja sampe malem.. ngerjain tuh berkas... semalam saya nginep disini.. kasian liat kerjanya.. katanya gagal symcron terus"  celoteh sigadis terus-terusan, sepertinya dia bener-bener lupa kalo wakepo adalah bosnya mukidi.
"Ooohhhh" wakepo manggut-manggut..

"Padahal tadi sore sudah pinjem duit saya tuh buat beli kuota internet,.. anehnya kenapa dia ga minta kekantornya aja ya pak... itu kan urusan kantor.." lagi-lagi gadis itu lupa kalau didepannya itu adalah bosnya mukidi
"Hhhhhh" wakepo manggut-manggut

"Kalau disuruh istirahat bilang begini 'tanggung de.. tinggal sedikit lagi.. besok datanya mau diambil pusat buat penentuan dana bos.. kalau ga masuk nanti dana bosnya hilang' begitu slalu bilangnya pak.. 'kasian pimpinan abang de, kalau dana bosnya ga keluar beliau cari cadangan operasional sekolah kemana' itu yg slalu dibilang abang saya"
"Hhhhhh" wakepo manggut-manggut

"Pas udah selesai datanya dikirim, besoknya masih aja sibuk ngeliatin info gtk.. saya bilang 'ngapain sih bang masih sibuk aja.. kan datanya udah dikirim..abang istirahat aja dulu.. libur sabtu minggu.. tuh bang udin ngajak joging di alun-alun', dia bilang apa coba pak... dia bilang 'gampang de joging mah.. ini data temen-temen abang yang sudah sertifikasi masih ada yg belum valid.. kasian nanti sktpnya ga terbit' coba pak.. segitunya kerja abang saya.. mudah-mudahan tabungannya abang muki sesuai dengan kerjanya.. ga minta-minta pulsa sama emak.. atau minjem sana-sini buat beli quota"..
"Oh.." wakepo manggut-manggut..

"Oh iya.. keasikan ngomong sampe lupa blom ngasih minum.. sebentar pak saya kebelakang dulu".. lanjut gadis tersebut sambil beranjak bangun..
"Oh.. ga usah de.. bapak juga mau pulang dulu" segah wakepo.
"Loh.. kan belum ketemu bang muki pak"
"Nanti aja ketemu dikantor, kasian mukidi biar bisa istirahat dulu hari minggu ini"
"Oh.. gitu ya pak... nanti kalo bang muki nanya, saya harus sampaikan apa ya pak.. ?"
"Bilang aja pak wakepo datang.."sambil keluar dari ruangan..
"Oh.. bapak bosnya bang muki ya, syukur dech saya ngomong keorang yang tepat"
Wakepo cuma senyum-senyum sambil cuss pergi..
Wakepo masih bingung, sepanjang perjalanan dia berpikir kenapa sekolahnya belum syncron.. kalau menurut cerita adenya mukidi, mukidi sudah kerja sampai larut malam...

Ada yg bisa bantu wakepo, kasih jawaban kenapa?

#anemahginiorangnya

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hadir GTK

Semester depan seperti amanat Permendikbud no 10 tahun 2018, hadir gtk efektif di terapkan..Nanti tidak lagi login ,clik kehadiran dan simpan...Harus sudah pakai mesin Finger print. Kecuali TK.

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Bagaimanakah seharusnya guru BK dan TIK di Dapodik agar SKTPnya tidak bermasalah??

Lama rasanya tidak menulis apapun dalam blog ini,..
Hampir 3 bulan diterlantarkan karena kesempatan menulis yang sangat sulit dicapai,..
Sebelumnya saya mau mengucapkan
SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN,..
saya berharap juga semoga tidak ada tekanan bathin,...

Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang bagaimana seharusnya GURU BK dan TIK di tempatkan di dapodikdas, menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan yang terbaru guru TIK kedudukannya sama dengan dengan GURU BK, yaitu membina dan membimbing siswa minimal 150 orang siswa yang ekwivalen dengan 24 jam, jumlah minimal 150 orang siswa ini diperlukan agar tunjangan profesinya bisa dibayarkan.  Secara teori sebenarnya mudah menentukan seorang Guru BK atau TIK itu bisa memenuhi batas minimum siswa atau tidak, cukup dengan melihat jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut.  Teorinya memang demikian, tapi kenyataanya kenapa masih ada guru BK yang harus terbit SKTPnya di akhir semester?..  Bagi seko…