Skip to main content

Wakepo jadi gtt..


Suatu hari di sekolah dasar negeri di pojokan banten...
Wakepo bingung kenapa sktpnya untuk periode januaru-juni sampai bulan agustus kok belum terbit juga.. dengan perasaan dongkol dia datang keruang kantor.. tempat mukidi menyelesaikan segala tugasnya sebagai ops..

Wakepo : kidi.. kenapa sktp saya belum terbit juga sampai sekarang... (sambil gebrak meja.. untung mejanya ga belah dua...)
Meja : kreyek...kryek.. (mejanya udah tua... goyang2 saat tangan wakepo mendarat di mukanya)... payah wakepo.. masa marah sama mukidi gw yg di tabokin...(kira2 begitulah kata simeja)
Mukidi : oh..ahh..uh.. kenapa pak?
Wakepo : kamu ga bener entri dapodik... masa sktp saya sampe sekarang ga terbit2...
Mukidi : sudah bener semua pak.. sesuai data yg bapak berikan.. liat aja dapodiknya nih...
(Mukidi menunjukan layar laptop ke depan wakepo)
Wakepo : (meneliti.. menelaah..menimbang dsb).. lah ini kenapa status kepegawaian saya sebagai honor sekolah... saya kan guru tidak tetap.. saya akan laporkan kamu ke polisi.. sudah isi data tdk sesuai dengan keadaan sebenarnya...
Mukidi : (bingung..).. itu hasil arahan orang pusat pak..
Wakepo : kamu pernah ketemu orang pusat..
Mukidi : ga pernah sih..
Wakepo : lah tadi kamu bilang atas arahan orang pusat...
Mukidi : iya pak.. itu kata kakadatdik kabupaten pak...
Wakepo : ga bener ini.. saya mau temui orang yg harus bertanggung jawab ini... hayo kamu ikut saya..
Mukidi : kemana pak...
Wakepo : saya mau labrak.. siapa tadi kamu bilang... kk data dik... dia ini laki2 atau perempuan?.. kok dipanggil kk
Mukidi : dia laki2 pak... badannya tegap.. rambutnya cepak.. mantan angkatan pak... kemaren ada juga yg protes kesana marah2... diplototin jatuh pingsan pak..
Wakepo: (mengernyitkan dahi).. hmmm.. ya udah kamu saja kesana tanya kenapa harus isi honor sekolah...
Mukidi: (terbersit dalam pikirnya... enak aja udah marah2.. nyuruh2 lagi).. wah jangan pak.. sebaiknya dengan bapak.. nanti saya salah ngerti lagi... kalau sama bapak.. nanti bapak bisa lebih jelas...
Wakepo : ah kamu... ok..kita kesana.. pakai motor kamu ya...
Mukidi: boleh pak.. tapi biasanya saya jam segini udah ngojek pak.. jadi nanti di hitung ojek ya...
Wakepo : ahh.. ga usah.. pakai motor saya...
Mukidi: tapi saya ga ngojek ya.. jadi ga ada tagihan ya...

Akhirnya mereka berangkat ke dinas kabupaten.. menemui kk datadik...

Wakepo : selamat siang pak..
Kkdatadik : siang juga pak.. tumben mau datang kesini.. ada apa ya..
Wakepo : ini si muki masa isi data dapodik saya ga bener..
Kkdatadik: kenapa?
Wakepo: saya ini sudah mengabdi sama negara lebih dari 15 tahun... dia isi sembarangan saja data saya di dapodik..
Kkdatadik: emang si muki isi apaan yang ga bener?
Mukidi: (diam duduk dipojok... mukanya memelas.. takut campur khawatir )
Wakepo : (sambil tunjuk2 kearah mukidi..) dia isi status kepegawaian saya honor sekolah... saya ini guru tidak tetap pak.. ada sk pengangkatannya... jelas.. bukan abal2..
Kkdatadik: ada suratnya pak...
Wakepo: wah saya tidak bawa pak..
Kkdatadik: ooh... kapan suratnya dibuat... yang terakhir...
Wakepo: suratnya cuma satu pak.. saat saya masuk dulu...
Kkdatadik: udah lama ya pak..
Wakepo: iya.. ya udah 15 tahunan..
Kkdatadik: tidak ada surat pembaharuan pak..
Wakepo: tidak ada... cuma itu saja..
Kkdatadik: masih ada suratnya pak?
Wakepo: masih-masih..  saya simpen dengan baik dirumah...
Kkdatadik : kalau boleh tau... yang tanda tangan suratnya siapa pak...
Wakepo: pejabat yg berwenang disekolah pak.. pak kepala sekolah...
Kkdatadik:: oooh... maaf ya pak... status bapak memang guru tidak tetap di sekolah.. karena masih diangkat oleh kepala sekolah... didalam dapodik jika sk pengangkatan yang tanda tangan adalah kepala sekolah maka sebutannya adalah guru honor sekolah... yang dimaksud gtt di dapodik adalah sk pengangkatannya minimal di tandatangani oleh bupati atau walikota... dan sumber gajinya harus dari apbd..
Kalau ada sk pengangkatan di tanda tangan bupati tapi sumber gajinya bukan dari apbd/apbn... tetapi masih pakai dana bos.. juga belum valid gttnya...
Selain itu sk gttnya juga harus di konfirmasi perpanjangannya setiap tahun ke bagian tunjangan.. bahwa sk tsb masih diperpanjang.. jika belum konfirmasi.. status gttnya jadi tidak valid...
Konfirmasinya ke bagian tunjangan pak...
Bapak juga harus kasih sknya ke ops.. agar entrian datanya tidak salah...

Mukidi: (mukanya mulai cerah.. darah sudah mengalir lagi) jadi saya ga salah isi ya pak...
Kkdatadik: ga muk... kamu bener ngisinya..
Mukidi: pak wake juga belum kasih saya berkasnya...
Kkdatadik: lah kalo belum dikasih berkasnya.. kamu isi pakai apa dasarnya...
Mukidi: hehehe...
Kkdatadik: kalo belum dikasih... jangan isi senbarangan ya..
Wakepo: status saya honor sekolah... buat apa juga kasih berkas... (sambil berdiri dan balik badan ketempat parkiran ambil speda motor cabut pulang)
Mukidi:pak.. saya jangan ditinggal...
Wakepo: kalo mau bareng bayar ongkos...
Mukidi:😭😭

#maaf
#anemahginiorangnya

Comments

Popular posts from this blog

Apa tugas guru TIK (2)

Menunggu garuda tak jua mendarat,. menanti merpati lepas kendali,.. duduk termangu di ruang tunggu lihat tv politik mulu tak dilihat ada didepan mata mau dilihat pusing kepala akhirnya duduk sambil menunduk melihat laptop tuk buat coretan,.. coret-coret,..tidak karuan jenuh juga sendirian,.. ada gadis,, bukan kenalan sendirian,.. banyak orang tak dikenal sendirian,.. Ini masih  membahas lanjutan Apa tugas guru TIK  jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,... Beban Kerja Guru TIK : melakukan pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan . Bimbingan kepada peserta didik dapat dilaksanakan secara : klasikal atau kelompok belajar Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual , dan p engembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik .  Hak Guru TIK Guru TIK atau KKPI yang telah melaksanakan b

Mengapa data saya masih data seminggu yang lalu????

Februari 2014,.. Lama mempersiapkan lembar info PTK, bukan karena designnya,.. sangat menguras tenaga dan pikiran,. begadang bukan lagi sesuatu yang tabu tapi sudah merupakan sunah muakad,.. bahkan hampir mendekati wajib,. dengan persiapan yang cukup serius TIM data P2TK akhirnya dapat menyelesaikan Info PTK yang dipublish sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yaitu pada tanggal 1 Februari 2014. Namun bukan berarti semua sudah sempurna, masih banyak tampilan info dan bahkan isi info yang masih belum sesuai dengan keinginan. Masih ada beberapa informasi yang belum masuk, perbaikan dan penyempurnaan info PTK tetap dilaksanakan setiap hari sesuai dengan keadaan dan kondisi. Masih banyak teman-temen operator yang masih menanyakan kenapa data yang diuploadnya masih belum masuk kedalam Info PTK,?? kenapa data yang tampil adalah data lama?? kenapa rombelnya masih kosong?? dan sebagainya.. Memang dari tingkat kesulitan, memvalidasi data kiriman dari dapodikdas yang s

Info PTK (bag. I)

Hotel golden boutiqe angkasa masih dikepung banjir,.. air bertebaran dimana-mana,..matahari juga seolah enggan untuk menampakan wajahnya. Jakarta masih temaram walau jam dilaptop saya sudah menunjukan jam 8.15 pagi. Pelatihan peng-entrian dapodikdas untuk sekolah yang bermasalah sudah selesai, pertanyaan dan materi sudah dijawab dan disampaikan walau saya tidak tahu apakah dimengerti atau tidak. Kali ini saya ingin menyampaikan pembahasan tentang info ptk yang memang menjadi bahasan saya dipelatihan operator dapodikdas kali ini. Banyak sekali orang yang masih bertanya-tanya kenapa begini,.kenapa begitu.. bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu,.. Kenapa gaji pokok saya kok tidak sesuai dengan gaji yang saya tulisakan di lembar isian PTK,.. Kenapa masa kerja saya tidak sesuai dengan masa kerja di isian PTK,.. Kenapa dan kenapa lainnya,.... Kalau harus menjelaskan kepada setiap orang rasanya tidak selesai dalam waktu satu tahun, karena banyaknya PTK, dengan ini