Skip to main content

Honor OPS 2

Wakepo masih sangat cemas, karena beberapa waktu yang lalu sekolahnya masih masuk dalam daftar sekolah yang belum syncron. Padahal dia sudah merasa membayar operator sekplah profesional yang jelas ahli dibidang aiti...(IT).. lulusannya D3 manajemen informatika, jelas kompeten di dalam dunia perkomputeran, yang jadi pertanyaan wakepo, kenapa sampai saat ini data sekolahnya belum masuk server dapodik di pusat?.
Wakepo bingung harus bagaimana, akhir terbersit dalam pikirannya untuk curhat dan tukar pikiran dengan rekan sejawat, yaitu padome. Padome saat ini menjadi kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar, dia adalah salah satu kepala sekolah yang paling di kenal dengan kepeduliannya kepada operator sekolah, datanya selalu bagus, sincron selalu paling awal, dana bos selalu paling rapi, pokoknya operator disekolahnya adalah operator teladan. Kesejahteraan operatornya selalu prioritas utama buat padome, walau anggaran honor ops kecil tapi dia bisa menutupi kekurangannya dengan musyawarah dan mupakat kepada para guru yang sudah sertifikasi.

Singkat cerita wakepo sudah berhasil bertemu dengan rekan sejawatnya, padome.
Wakepo : selamat siang padome..
Padome: siang pak wake.. tumben nih mau berkunjung kesini (maksudnya sekolahnya padome)...
Wakepo : hehehe.. ane mau tanya-tanya tentang dapodik..
Padome : mau tanya apa, biasanyakan ane yang slalu tanya pak wake..
Wakepo : heheheh... bisa aja padome..
Begini padome... sekolah saya sampai sekarang blum juga berhasil syncron, bahkan masuk dalam daftar sekolah yang belum syncron di kementrian.. sebagai kepala sekolah terbaik tahun ini saya merasa ga enak juga..
Padome : ops kamu itu malas.. belum dikerjakan kali... jumlah siswanya berapa?
Wakepo : wuih jangan salah... ops ku simukidi itu ops teladan, dia kerja siang malam walaupun digaji tidak terlalu besar.
Padome : berapa jumlah siswa barunya?
Wakepo : ga banyak.. cuma 32 orang
Padome: sedikit itu.. dikerjakan 3 hari juga beres..
Wakepo : itulah yang aku bingung padome, sampai sekarang sekolahku belum syncron..
Padome: operator mu sudah digaji belum..
Wakepo : nah ini yang berat, muridku itu tidak banyak bagaimana bisa membayar operator dengan layak. Sebenarnya aku juga ga tega kasih honor dia kecil, tapi apa dayaku, dana bos yg kuterima tidak besar untuk biaya operasional saja kurang..
Padome: hmmm (manggut-manggut)... guru-gurumu yang sudah sertifikasi berapa orang?
Wakepo : alhamdulillah, semua guruku sudah sertifikasi.. jumlahnya ada 6 guru ber 7 dengan ku...
Padome: wah itu gampang... harusnya ops mu itu tidak perlu kesulitan..
Wakepo : gampang bagaimana..?? (Wakepo penasaran)
Padome: kau tahu kenapa opsku tidak pernah mengeluh dan data sekolahku selalu bagus?.. padahal kau tau sendiri, berapa besar dana bos yang kuterima.. mungkin lebih kecil dari dana bos mu..
Wakepo : (menyimak dengan serius)
Padome: dulu awal-awal dapodik.. ops ku juga mengeluh setiap hari..
Wakepo : (masih menyimak)
Padome: suatu hari aku kumpulin seluruh guru yang sudah sertifikasi.. aku sampaikan betapa pentingnya data dapodik untuk penerbitan sktp, sehingga dananya bisa masuk kerekening guru masing-masing. Kalau tidak entri dapodik maka sktp tidak akan terbit, karena pentingnya itu, maka perlu partisipasi para guru untuk menjamin kelancaran dapodik disekolah.
Disekolahku ada 6 guru yang sudah sertifikasi plus dengan aku jadi 7 orang, sama seperti disekolah mu..
Wakepo : (masih menyimak)
Padome: awalnya aku sampaikan kemereka "saya tidak bisa dan mengerti komputer, apalagi mengisi dapodik. Jika diantara bapak ibu ada yg bisa komouter dan mampu mengoperasikannya monggo di terima tugas entri dapodik."
Wakepo : apa ada yang mau?
Padome: hehehe.. sebenarnya ane udah tau kalau mereka ga ada yg bisa komputer, jadi ya ga ada yang mau. Tapi itu perlu disampaikan dulu, siapa tau ada yang mau..
Wakepo : lalu,. Setelah tidak ada yg mau bagaimana?
Padome: sabar dulu.. setelah mereka tidak ada yang mau dan menyatakan ketidak sanggupannnya maka ane sampaikan " karena tidak ada yang sanggup, langkah terakhir adalah mengambil operator sekolah untuk menyelesaikan tugas entri dapodiknya. Tapi ada masalah, sekolah cuma mampu membayar gajinya sebesar 300 rebu, sekarang mana ada orang yang ikhlas dibayar 300rebu.. susah mencarinya,. .apakah bapak ibu ada yang bisa kasih usulan dan masukan".
Salah seorang guru bilang "kita patungan saja pak, biar kita tanggung bersama honornya.."
Guru lain : wah kalau setiap bulan harus nanggung repot pak.. belum tentu sktp kita terbit.. kalau tidak. Masa kita ikutan bayar juga...
Guru yg lain lagi : gini saja, kita kasih saat terbit sktp dan tunjangannya sudah cair.
Wakepo: lalu mereka setuju?
Padome: dari pertemuan itu disepakati kalau tunjangan sudah cair, maka mereka diminta membantu sekolah membayar honor ops masing-masing 500rebu per semester.. tidak sampai 100rebu..
Karena jumlahnya ada 7 orang, maka terkumpul dana sekitar 3juta 500rebu..yang 500rebu dipakai untuk persiapan quota interbet 6 bulan.. cuma buat syncron saja.. trus.yang 3 juta dimasukan di kas sekolah.. nanti akan dikeluarkan utk ops 500rebu perbulan selama 6 bulan.. plus 300rebu dari dana sekolah per bulan.. jadi ops terima bersih honornya 800rebu.. lumayanlah..
Wakepo : ohh.. quota internetnya juga bukan quota ops ya..
Padome: bukan.. kalo mereka pake fban ya pake pulsa sendiri . Utk syncron saja kita siapkan 50rebu sebulan.. ops kamu dibayar berapa?
Wakepo : sesuai bos..
Padome: quota internetnya?
Wakepo : ya... bisa-bisanya dia aja..
Padome: udah syncron.. ?
Wakepo : belum...
Padome: nah itu.. jadi suka-suka dia aja..
Wakepo : kamu sudah bagus datanya ya..
Padome: sudah dari awal.. ga ada masalah..
Wakepo : ane jadi pusing,... dana bos akan segera di tarik datanya.. kalau kamu ada stok operator tolong kasih ane satu..
Padome: lah kamu bukan sudah ada opsnya.. lagian ops ane ini ga sembarangan... susah carinya..
Wakepo : emang siapa opsnya..
Padome: istri mudaku..
Wakepo : ?????????

#anemahginiorangnya

Comments

Popular posts from this blog

Apa tugas guru TIK (2)

Menunggu garuda tak jua mendarat,. menanti merpati lepas kendali,.. duduk termangu di ruang tunggu lihat tv politik mulu tak dilihat ada didepan mata mau dilihat pusing kepala akhirnya duduk sambil menunduk melihat laptop tuk buat coretan,.. coret-coret,..tidak karuan jenuh juga sendirian,.. ada gadis,, bukan kenalan sendirian,.. banyak orang tak dikenal sendirian,.. Ini masih  membahas lanjutan Apa tugas guru TIK  jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,... Beban Kerja Guru TIK : melakukan pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan . Bimbingan kepada peserta didik dapat dilaksanakan secara : klasikal atau kelompok belajar Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual , dan p engembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik .  Hak Guru TIK Guru TIK atau KKPI yang telah melaksanakan b

Mengapa data saya masih data seminggu yang lalu????

Februari 2014,.. Lama mempersiapkan lembar info PTK, bukan karena designnya,.. sangat menguras tenaga dan pikiran,. begadang bukan lagi sesuatu yang tabu tapi sudah merupakan sunah muakad,.. bahkan hampir mendekati wajib,. dengan persiapan yang cukup serius TIM data P2TK akhirnya dapat menyelesaikan Info PTK yang dipublish sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yaitu pada tanggal 1 Februari 2014. Namun bukan berarti semua sudah sempurna, masih banyak tampilan info dan bahkan isi info yang masih belum sesuai dengan keinginan. Masih ada beberapa informasi yang belum masuk, perbaikan dan penyempurnaan info PTK tetap dilaksanakan setiap hari sesuai dengan keadaan dan kondisi. Masih banyak teman-temen operator yang masih menanyakan kenapa data yang diuploadnya masih belum masuk kedalam Info PTK,?? kenapa data yang tampil adalah data lama?? kenapa rombelnya masih kosong?? dan sebagainya.. Memang dari tingkat kesulitan, memvalidasi data kiriman dari dapodikdas yang s

Info PTK (bag. I)

Hotel golden boutiqe angkasa masih dikepung banjir,.. air bertebaran dimana-mana,..matahari juga seolah enggan untuk menampakan wajahnya. Jakarta masih temaram walau jam dilaptop saya sudah menunjukan jam 8.15 pagi. Pelatihan peng-entrian dapodikdas untuk sekolah yang bermasalah sudah selesai, pertanyaan dan materi sudah dijawab dan disampaikan walau saya tidak tahu apakah dimengerti atau tidak. Kali ini saya ingin menyampaikan pembahasan tentang info ptk yang memang menjadi bahasan saya dipelatihan operator dapodikdas kali ini. Banyak sekali orang yang masih bertanya-tanya kenapa begini,.kenapa begitu.. bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu,.. Kenapa gaji pokok saya kok tidak sesuai dengan gaji yang saya tulisakan di lembar isian PTK,.. Kenapa masa kerja saya tidak sesuai dengan masa kerja di isian PTK,.. Kenapa dan kenapa lainnya,.... Kalau harus menjelaskan kepada setiap orang rasanya tidak selesai dalam waktu satu tahun, karena banyaknya PTK, dengan ini