Skip to main content

Verval gtt

Verval gtt...

Wakepo sedang kebingungan, datanya didapodik tidak valid2. Sehingga sampai sekarang sktpnya tidak terbit-terbit.
Wakepo sudah marahin operator sekolah yang dia anggap orang paling salah atas tidak keluarnya sktpnya.
Wakepo juga sudah mengeluh berkali-kali kepada kepala sekolah, bahkan dengan nada tinggi.
Wakepo : bapak bagaimana ini.. sktp saya sampai sekarang tidak terbit juga..
Kepsek : sudah tanya mukidi ?
Wakepo : sudah.. dia selalu ngeles. Katanya data sudah di entri sesuai arahan bapak..
Kepsek : kalau sudah sesuai arahan.. berarti sudah sesuai dengan data pak wake bukan?
Ya udah ayo kita tanya muki.
(Kepala sekolah dan wakepo beranjak ke ruang sebelah, dimana mukidi berada)
Kepsek : mukidi kamu sudah entri data pak wake sesuai dengan jadwal mengajarnya kan?
Mukidi: sudah pak..
Wakepo : kalau sudah.. kenapa sampai sekarang cuma saya yg belum terbit sktpnya.. kamu memang sentimen dengan saya muki...
Mukidi : sentimen bagaimana pak.. saya sudah entrikan sesuai dengan data yg ada... itu arahan dari admin tunjangan pusat...
Wakepo : kamu sudah ketu orangnya..
Mukidi : hehehehe.. belum sih pak... cuma baca statusnya saja di fb dan di blognya....
Wakepo : kalau memang sdh sesuai arahan dia.. kenapa sktp saya ga keluar2... jangan2 dia admin palsu.. ga kompeten.. ngaku2..
Mukidi : kata dia di fb.. kalau ada masalah tentang tunjangan datangin aja op tunjangan didinas kabupaten.. karena yg berwenang dengan data tunjangan ya op tunjangan...kalau masalahnya dengan dapodik datangnya ke kk datadik.. masing2 punya tugas dan fungsi berbeda2 walaupun hasil akhirnya ya sktp...
Sebaiknya bapak temui admin tunjangan pak..
Kepsek : betul pak wake.. gimana kalau kamu temenin kesana muk.. takutnya data kamu juga ada yg salah..
Mukidi : (dengan muka kecut) baik pak.. kapan kita berangkat pak wake..?
Wakepo: sekarang saja..
Mukidi : baik pak saya rapihin laptop dulu.

Mukidi dan wakepo berangkat ke dinas kabupaten dengan tujuan menemui op tunjangan..

Mukidi : selamat siang pak...
Op simtun : siang mas... tumben muk.. ada apa.. ada masalah datanya.. masa op percontohan se kabupaten ada masalah dapodiknya... heheheheh...
Mukidi : nganu pak..
Op simtun : ada apa..ada apa... sini duduk..
Mukidi : ini loh pak.. data pak wakepo ga terbit2 sktpnya...
Wakepo : (nyamber kaya api dideket bensin) iya nih mas... masa disekolah cuma saya saja yg ga tetbit sktpnya.. padahal pademo yg sama-sama honor dengan saya sudah terbit sktpnya.. bahkan dia sudah masuk rekening uangnya..
Op simtun : oooh.. gitu ya pak...
Wakepo : pasti mukidi ini macem2in data saya.. dia kesel sama saya sebab semester kemarin saya cuma kasih 100rebu.. padome yg semester lalu ngasih 300rebu sekarang bisa terbit duluan sktpnya..
Op simtun : bener begitu muk???
Mukidi : sumpah pak..saya ga macem2 ngisi datanya... saya entri sesuai dengan berkas2 yang diberikan pak wakepo kesaya.. datanya pak dome juga sesuai berkas yg saya tetima... mana berani saya macem2in datanya...
Op simtun : sudah2.. saya yakin kamu ga gitu...
Mukidi : (mukanya merah.. merasa marah.. merasa direndahkan.. campur anduk.. ) hhhhhh (tarik nafas panjang)..
Op simtun : sabar ya muk... Allah maha adil..pasti akan ketahuan salahnya dimana.. sabar ya...
Kamu sudah liat info gtknya pak wake belum??
Mukidi : lah.. kata bapak dan kata pak kompetan liat info gtk itu bukan tugas ops.. tapi tugas guru... saya ya manut...
Lagian kerjaan ops sekarang ga hanya ngurus guru aja pak...
Op simtun : oh..iya..iya.. saya lupa... maaf...maaf.. ( sambil melihat pak wakepo).. pak wake sudah liat info gtknya belum...
Wakepo : info gtk... belum mas... saya kan tugasnya ngajar, masa harus direpotin dengan cek info sgala macam..
Op simtun : oh... iya..iya.. bapak sudah repot dengan mengajar ya... jadi siapa yg harus liat data bapak ya...
Ops tugasnya entri data sesuai dengan berkas yg ada..
Kk datadik memantau syncron dapodik..
Op tunjangan membayarkan sktp bagi guru yg sudah terbit sknya..
Lalu yg harus liat info gtk siapa...
Yang bisa tau datanya bener atau salah siapa?
Saya jadi bingung nih...
Oh.. iya pak wake kemaren saya minta utk menyerahkan sk penetapan bapak yg dari bupati.. bapak sudah kasih belum ya??
Wakepo : mas.. gak usah mengalihkan masalah dech... cari-cari kesalahan saya..
Op simtun : oh.. maaf pak.. cuma mau tanya saja.. takutnya saya yg salah.. tapi bapak sudah kirim belum ya??
Wakepo: ini mau selesain masalah saya atau tidak... kalau mas ga bisa menyelesaikan saya akan ke kepala dinas.. stafnya tidak becus kerja...
Op simtun : (masih tenang) hehehe... monggo pak.. disebelah sana pintunya.. kebetulan pak kepala juga sedang di tempat...
Wakepo: (gebrak meja.. bangun dari kursi.. langsung cus ke ruang pak kadin).. huhhh
Mukidi : wah jadi panjang nih pak...(mukidi aga ketakutan)
Op simtun: tenang aja.. nanti klo dipanggil pak kadinas kita hadapi bersama...
Mukidi : ah.. bapak.. saya jadi serba salah nih..
Op simtun : tenang aja.. kamu ga salah..

Wakepo masuk keruangan kepala dinas.. dengan emosi yg tinggi..

Wakepo : selamat siang pak..
Kadinas : siang pak.. oh.. pak wake.. tumben mampir ketempat saya... ada apa pak..
Wakepo : saya mau lapor sama bapak.. itu op sekolah dan op tunjangan sekongkol buat data saya tidak terbit sktp..
Kadinas : ohhh.. sabar sebentar ya.. saya panggil operatornya dulu..(sambil menekan tombol bel untuk memanggil sekrtarisnya...)
Sekretarisnya datang..
Skret : iya pak.
Kadinas : panggil operator tunjangan..
Sekretaris : (balik badan dan berjalan keluar ruangan)

Op simtun : iya pak...
Kadinas : apa masalah pak wake sampai sktpnya tidak terbit2...
Op simtun : (mendekat..sambil meyerahkan kertas beberapa lembar ke kepala dinas) ini pak masalahnya.. (menunjukan lembaran kedua kepada kepala dinas)
Kadina : oooohh... sudah kamu minta..
Op simtun: sudah pak...
Kadinas: pak wake status kepegawaiannya apa?
Wakepo : honor daerah pak... kalau didapodiknya gtt kabupaten pak..
Kadinas : ohh.. sk bupatinya ada..
Wakepo : ada pak..
Kadinas : sudah di tunjukan ke op tunjangan?
Wakepo : belum pak.. saya mau urus sktp dulu.. nanti setelah sktp saya keluar saya akan kasih sk bupati tsb... rencana saya begitu pak.
Kadinas: ooh.. pak wake tau ga sebabnya sktp bapak tidak terbit2..
Wakepo : tidak tahu pak...
Kadinas : bapak sudah cek info gtk..
Wakepo : bapak sama saja dngan mereka mau cari2 kesalahan saya.. kalau memang sudah tidak sanggup bayar sktp sebaiknya negara jujur saja pak... utk liat info gtk harusnya ops pak
Kadinas : sabar pak wake..
Begini.. ops sudah entri data semua guru.. mungkin disekolah bapak gurunya banyak.. entri siswa..sarpras dsb.. apakah yakin emtrian ops itu bisa bener 100%...
Nah utk mengetahui apakah entri data kita sudah bener atau belum.. yg lebih tahu adalah kita.. jadi kita cek entrian ops.. ngeceknya lewat info gtk..
Wakepo : (manggut2 doang)
Kadinas : bapak tau kekurangan data bapak apa?
Wakepo : blom tau pak..
Kadinas : (menyodorkan kertas yg berisi info gtk).. coba liat dan baca ini.. apa keterangannya..
Wakepo : (membaca tulisan yang di tunjuk kadinas).. belum verval gtt..
Kadinas : sudah dibaca ?
Wakepo : iya pak... verval gtt.. tapi sayakan tidak tahu harus verval kemana dan bagaimana ? Itu tidak ada sosialisasi..
Kadinas : pak wake sudah diminta menyerahkan sk bupati belum sama op tunjangan?
Wakepo : sudah pak... tapi saya belum sempat ngasih...
Kadinas : nah itu.. bapak mau nuntut cepet untuk sktp, tapi ga mau kooperatif utk pemebuhan datanya.. op tunjangan memerlukan berkas sk bupati tsb utk proses validasi status gtt bapak... selama tidak bisa menyerahkan sk bupati.. maka op tunjangan tidak bisa verval... selama belum di verval.. maka sktp ga bakal terbit...
Wakepo : oh... saya permisi dulu pak..
Kadinas : mau kemana pak..
Wakepo : mau pulangbdulu ambil sk bupati..
Wakepo lewat didepan meja op simtun yang sedang duduk ngobrol data sama mukidi..
Op simtun : sudah selsai pak...(menyapa wakepo)
Wakepo : sudah.
Op simtun : mau kemana pak..
Wakepo : pulang...
Mukidi : kembali kesekolah pak...(sambil berdiri dan ambil tas laptopnya)
Wakepo : saya mau pulang...
Mukidi : wah... arah sekolah dan rumah bapak kan berlawanan arah pak... saya bagaimana pak
Wakepo : kamu disini aja.. saya mau ambil sk bupati... nanti saya balik lagi
Mukidi : ooh... lalu urusan sktpnya bagaimana..
Wakepo : nanti saya balik lagi...

Verval gtt kabupaten/kota dilakukan oleh op simtun di kabupaten/kota.. cukup serahkan sk bupati terbaru yg masih berlaku.

#anemahginiorangnya

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…