Skip to main content

Wakepo jadi pengacara..

Beribu satu macam cara dilakukan orang agar sktpnya bisa terbit...
Suatu hari ada seorang parlente dengan pakaian rapi.. jas berdasi.. sepatu mengkilat, rambut disisir rapi dengan minyak rambut yang tak kalah mengkilapnya dengan sepatu hitam yang dikenakan di kakinya.
Dialah wakepo yang saat itu sedang menjadi pengacara.. mewakili calon penerima sktp yang tidak nongol2 sktpnya...
Wakepo : selamat siang... (setiap kali wakepo ke kemdikbud selalu siang.. ga pernah malam)
Petugas : siang... ada yg bisa saya bantu.. (petugas ult agak bingung... kenapa pejabat datang ke ult...)
Wakepo : saya mau urus sktp yang tidak pernah keluar...
Petugas : sktp taun berapa pak.. boleh saya tahu masalahnya apa?
Wakepo : itu yang saya mau tahu.. kenapa sktp mereka tdk bisa keluar.. kalau saya tahu masalahnya apa.. saya akan langsung ke presiden...
(Wakepo kali ini adalah seorang pengacara)
Petugas : oh.. baik pak... bisa saya liat datanya..
Wakepo : data apa.. mas saya itu kesini mau minta data..masa kamu malah minta kesaya..  kalau saya sdh ada data ngapain saya kesini...
Petugas : oh.. bapak mau minta data apa??
Wakepo : saya mau tau kenapa klien saya sktpnya tidak terbit sudah 2 semester...
Petugas : klien bapak siapa?
Wakepo : klien saya banyak
Petugas : baik pak... nama klien bapak yang sktpnya tidak terbit siapa namanya..
Wakepo : namanya abdul..
Petugas : ada nuptknya ?
Wakepo : apa itu nuptk...
Petugas : nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan.. kalau klien bapak pendidik dan penerima sktp dia harus punya nuptk..
Wakepo : oh.. saya tidak tanya.. kamu sebenarnya bisa atau tidak ngecek datanya.. kalau tidak, saya akan ke pak mentri langsung.. pelayanan payah..
Petugas : ok.. kalau tidak ada nuptk bisa saya tahu niknya..
Wakepo : apalagi itu ...kamu ini bertele2..
Petugas : nik itu nomor induk kependudukan.. tanda bahwa org tersebut sebagai warga negara indonesia.. dan penerima sktp harus orang indonesia pak..
Wakepo : saya tidak tau...
Petugas : lalu saya harus cek datanya pakai apa pak? Kalau pakai nama agak sulit pak.. nama abdul itu banyak..
Kalau boleh saya tahu klien bapak ngajar dimana?
Wakepo : ngajarnya di sekolah swasta terkenal..
Petugas : (cek data pada komputer didepannya)... nama sekolahnya apa pak?
Wakepo : yayasan besar dari luar negeri... saya lupa namanya... itukan sudah ada namanya, masa ga bisa cek data satu orang saja.. 

Petugas: kalau cuma nama.. agak sulit pak.. nama abdul di Indonesia banyak pak.. 
Wakepo: abdul yang dari lampung.. 
Petugas: oh.. bisa lebih spesifik lampungnya dari kabupaten mana?
Wakepo: (menyebutkan nama kabupaten dan kecamatan tempat klirnnya mengajar)
Petugas: baik pak... disini berdasarkan data yg bapak sebutkan tadi, ada 15 abdul... bapak bisa pilih abdul yang mana...
Wakepo: (bingung juga) yang belum sktp berapa?
Petugas : yang belum sktp ada 10 orang pak..
Wakepo: wah masih banyak juga ya.. yang usianya diatas 50 tahun
Petugas: yg usianya diatas 50 tahun ada 4 orang pak..
Wakepo: yang laki2..
Petugas: semuanya laki-laki pak...
Wakepo : oh.... (mimiknya klihatan sedang berpikir keras.. kriteria apalagi yg bisa mengarahkan ke status data kliennya).. coba pilih yang dari sd saja..
Petugas: yang sd ada 2 pak..
Wakepo: (tersenyum).. nah dua2nya kenapa ga terbit sktpnya..
Petugas: kedua2nya statusnya tidak linier pak.. 
Wakepo: apa itu linier...
Petugas: linier itu kesesuaian antara mata pelajaran yang diajarkan dengan sertifikat pendidik calon penerima sktp.. kalau tidak linier maka jumlah jam mengajarnya tidak terhitung.. sehingga sktpnya tidak terbit..
Wakepo : klien saya sudah mengajar sesuai dengan ijazahnya... dia sarjana matematika. Sudah s2.. 
Petugas: betul pak.. s2nya juga matematika bukan?..
Wakepo: betul itu.. 
Petugas: di sd tidak ada guru mata pelajaran matematika pak... yang ada adalah guru kelas.

Wakepo: tapi dia mengajar 24 jam..
Petugas: betul pak.. tapi utk mapel di sd tidak tehitung utk mapel matematika..di sd itu adanya guru kelas... klien bapak harusnya mengajar pada jenjang smp atau sma pak..
Wakepo: jadi dia tidak bisa sktp.. apa dasarnya ini.. petugasnya cuma2 mengada2 agar tidak bisa membayarkan tunjangan klien saya..
Petugas: bapak sudah baca pp 74 tahun 2008.
Wakepo: sebagai orang hukum.. saya tersinggung dengan pertanyaan saudara.. saudara sudah meragukan kredibilitas saya..
Petugas: maaf bapak.. tidak ada maksud saya untuk menggurui bapak..tapi kalau bapak sudah membacanya seharusnya bapak faham dasar seseorang bisa dianggap jjmnya linier atau tidak..
Wakepo: sudah.. saya akan laporkan ini ke bpk..kpk..ham.. ini peraturan mengada2...
Petugas: maaf bapak.. hanya itu yg bisa saya bantu.. selanjutnya terserah anda..
Wakepo:(bersungut2).. kalau memang tdak bisa terbit..siapa yg ganti tiket pesawat saya pulang pergi (didalm hati saja)
Wakepo: pokoknya urusan ini belum selesai..






Baca baik2 pp 74 tahun 2008 disitu ada hak dan kewajiban guru yg harus dipenuhi jika ingin mendapatkan hak..
Hak dan kewajiban harus berimbang..

#anemahginiorangnya
#berburupermendikbud46tahun2016


Post a Comment

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…