Skip to main content

Wakepo jadi pengacara..

Beribu satu macam cara dilakukan orang agar sktpnya bisa terbit...
Suatu hari ada seorang parlente dengan pakaian rapi.. jas berdasi.. sepatu mengkilat, rambut disisir rapi dengan minyak rambut yang tak kalah mengkilapnya dengan sepatu hitam yang dikenakan di kakinya.
Dialah wakepo yang saat itu sedang menjadi pengacara.. mewakili calon penerima sktp yang tidak nongol2 sktpnya...
Wakepo : selamat siang... (setiap kali wakepo ke kemdikbud selalu siang.. ga pernah malam)
Petugas : siang... ada yg bisa saya bantu.. (petugas ult agak bingung... kenapa pejabat datang ke ult...)
Wakepo : saya mau urus sktp yang tidak pernah keluar...
Petugas : sktp taun berapa pak.. boleh saya tahu masalahnya apa?
Wakepo : itu yang saya mau tahu.. kenapa sktp mereka tdk bisa keluar.. kalau saya tahu masalahnya apa.. saya akan langsung ke presiden...
(Wakepo kali ini adalah seorang pengacara)
Petugas : oh.. baik pak... bisa saya liat datanya..
Wakepo : data apa.. mas saya itu kesini mau minta data..masa kamu malah minta kesaya..  kalau saya sdh ada data ngapain saya kesini...
Petugas : oh.. bapak mau minta data apa??
Wakepo : saya mau tau kenapa klien saya sktpnya tidak terbit sudah 2 semester...
Petugas : klien bapak siapa?
Wakepo : klien saya banyak
Petugas : baik pak... nama klien bapak yang sktpnya tidak terbit siapa namanya..
Wakepo : namanya abdul..
Petugas : ada nuptknya ?
Wakepo : apa itu nuptk...
Petugas : nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan.. kalau klien bapak pendidik dan penerima sktp dia harus punya nuptk..
Wakepo : oh.. saya tidak tanya.. kamu sebenarnya bisa atau tidak ngecek datanya.. kalau tidak, saya akan ke pak mentri langsung.. pelayanan payah..
Petugas : ok.. kalau tidak ada nuptk bisa saya tahu niknya..
Wakepo : apalagi itu ...kamu ini bertele2..
Petugas : nik itu nomor induk kependudukan.. tanda bahwa org tersebut sebagai warga negara indonesia.. dan penerima sktp harus orang indonesia pak..
Wakepo : saya tidak tau...
Petugas : lalu saya harus cek datanya pakai apa pak? Kalau pakai nama agak sulit pak.. nama abdul itu banyak..
Kalau boleh saya tahu klien bapak ngajar dimana?
Wakepo : ngajarnya di sekolah swasta terkenal..
Petugas : (cek data pada komputer didepannya)... nama sekolahnya apa pak?
Wakepo : yayasan besar dari luar negeri... saya lupa namanya... itukan sudah ada namanya, masa ga bisa cek data satu orang saja.. 

Petugas: kalau cuma nama.. agak sulit pak.. nama abdul di Indonesia banyak pak.. 
Wakepo: abdul yang dari lampung.. 
Petugas: oh.. bisa lebih spesifik lampungnya dari kabupaten mana?
Wakepo: (menyebutkan nama kabupaten dan kecamatan tempat klirnnya mengajar)
Petugas: baik pak... disini berdasarkan data yg bapak sebutkan tadi, ada 15 abdul... bapak bisa pilih abdul yang mana...
Wakepo: (bingung juga) yang belum sktp berapa?
Petugas : yang belum sktp ada 10 orang pak..
Wakepo: wah masih banyak juga ya.. yang usianya diatas 50 tahun
Petugas: yg usianya diatas 50 tahun ada 4 orang pak..
Wakepo: yang laki2..
Petugas: semuanya laki-laki pak...
Wakepo : oh.... (mimiknya klihatan sedang berpikir keras.. kriteria apalagi yg bisa mengarahkan ke status data kliennya).. coba pilih yang dari sd saja..
Petugas: yang sd ada 2 pak..
Wakepo: (tersenyum).. nah dua2nya kenapa ga terbit sktpnya..
Petugas: kedua2nya statusnya tidak linier pak.. 
Wakepo: apa itu linier...
Petugas: linier itu kesesuaian antara mata pelajaran yang diajarkan dengan sertifikat pendidik calon penerima sktp.. kalau tidak linier maka jumlah jam mengajarnya tidak terhitung.. sehingga sktpnya tidak terbit..
Wakepo : klien saya sudah mengajar sesuai dengan ijazahnya... dia sarjana matematika. Sudah s2.. 
Petugas: betul pak.. s2nya juga matematika bukan?..
Wakepo: betul itu.. 
Petugas: di sd tidak ada guru mata pelajaran matematika pak... yang ada adalah guru kelas.

Wakepo: tapi dia mengajar 24 jam..
Petugas: betul pak.. tapi utk mapel di sd tidak tehitung utk mapel matematika..di sd itu adanya guru kelas... klien bapak harusnya mengajar pada jenjang smp atau sma pak..
Wakepo: jadi dia tidak bisa sktp.. apa dasarnya ini.. petugasnya cuma2 mengada2 agar tidak bisa membayarkan tunjangan klien saya..
Petugas: bapak sudah baca pp 74 tahun 2008.
Wakepo: sebagai orang hukum.. saya tersinggung dengan pertanyaan saudara.. saudara sudah meragukan kredibilitas saya..
Petugas: maaf bapak.. tidak ada maksud saya untuk menggurui bapak..tapi kalau bapak sudah membacanya seharusnya bapak faham dasar seseorang bisa dianggap jjmnya linier atau tidak..
Wakepo: sudah.. saya akan laporkan ini ke bpk..kpk..ham.. ini peraturan mengada2...
Petugas: maaf bapak.. hanya itu yg bisa saya bantu.. selanjutnya terserah anda..
Wakepo:(bersungut2).. kalau memang tdak bisa terbit..siapa yg ganti tiket pesawat saya pulang pergi (didalm hati saja)
Wakepo: pokoknya urusan ini belum selesai..






Baca baik2 pp 74 tahun 2008 disitu ada hak dan kewajiban guru yg harus dipenuhi jika ingin mendapatkan hak..
Hak dan kewajiban harus berimbang..

#anemahginiorangnya
#berburupermendikbud46tahun2016


Comments

Popular posts from this blog

Apa tugas guru TIK (2)

Menunggu garuda tak jua mendarat,. menanti merpati lepas kendali,.. duduk termangu di ruang tunggu lihat tv politik mulu tak dilihat ada didepan mata mau dilihat pusing kepala akhirnya duduk sambil menunduk melihat laptop tuk buat coretan,.. coret-coret,..tidak karuan jenuh juga sendirian,.. ada gadis,, bukan kenalan sendirian,.. banyak orang tak dikenal sendirian,.. Ini masih  membahas lanjutan Apa tugas guru TIK  jadi pastikan baca dulu bagian pertamanya agar nyambung,... Beban Kerja Guru TIK : melakukan pembimbingan paling sedikit 150 peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan . Bimbingan kepada peserta didik dapat dilaksanakan secara : klasikal atau kelompok belajar Individual: memberikan konsultasi kepada peserta didik secara individual , dan p engembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik .  Hak Guru TIK Guru TIK atau KKPI yang telah melaksanakan b

Mengapa data saya masih data seminggu yang lalu????

Februari 2014,.. Lama mempersiapkan lembar info PTK, bukan karena designnya,.. sangat menguras tenaga dan pikiran,. begadang bukan lagi sesuatu yang tabu tapi sudah merupakan sunah muakad,.. bahkan hampir mendekati wajib,. dengan persiapan yang cukup serius TIM data P2TK akhirnya dapat menyelesaikan Info PTK yang dipublish sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yaitu pada tanggal 1 Februari 2014. Namun bukan berarti semua sudah sempurna, masih banyak tampilan info dan bahkan isi info yang masih belum sesuai dengan keinginan. Masih ada beberapa informasi yang belum masuk, perbaikan dan penyempurnaan info PTK tetap dilaksanakan setiap hari sesuai dengan keadaan dan kondisi. Masih banyak teman-temen operator yang masih menanyakan kenapa data yang diuploadnya masih belum masuk kedalam Info PTK,?? kenapa data yang tampil adalah data lama?? kenapa rombelnya masih kosong?? dan sebagainya.. Memang dari tingkat kesulitan, memvalidasi data kiriman dari dapodikdas yang s

Info PTK (bag. I)

Hotel golden boutiqe angkasa masih dikepung banjir,.. air bertebaran dimana-mana,..matahari juga seolah enggan untuk menampakan wajahnya. Jakarta masih temaram walau jam dilaptop saya sudah menunjukan jam 8.15 pagi. Pelatihan peng-entrian dapodikdas untuk sekolah yang bermasalah sudah selesai, pertanyaan dan materi sudah dijawab dan disampaikan walau saya tidak tahu apakah dimengerti atau tidak. Kali ini saya ingin menyampaikan pembahasan tentang info ptk yang memang menjadi bahasan saya dipelatihan operator dapodikdas kali ini. Banyak sekali orang yang masih bertanya-tanya kenapa begini,.kenapa begitu.. bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu,.. Kenapa gaji pokok saya kok tidak sesuai dengan gaji yang saya tulisakan di lembar isian PTK,.. Kenapa masa kerja saya tidak sesuai dengan masa kerja di isian PTK,.. Kenapa dan kenapa lainnya,.... Kalau harus menjelaskan kepada setiap orang rasanya tidak selesai dalam waktu satu tahun, karena banyaknya PTK, dengan ini