Skip to main content

Nuptk saya kok beda namanya?

NUPTK atau nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan, mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang yang bergelut di dunia pendidikan, terutama guru, karena semua sumber data guru selalu dikaitkan dengan nuptk. Tapi apakah semua tahu kepanjangan nuptk, sebelum membaca posting ini????

Sesuai dengan namanya nomor unik, maka sifat nuptk harusnya adalah unik. Tidak boleh ada nuptk yang sama digunakan oleh lebih dari 1 orang, jika nuptk diakui lebih dari 1 orang sebaiknya namanya diubah saja menjadi ntuptk.
Tapi kenyataan di lapangan memang seperti itu,  banyak sekali guru yang di "madu" oleh nuptk, baik disadari oleh guru tersebut maupun tidak. Banyak satu nuptk diperebutkan oleh beberapa orang guru dan masing-masing mengklaim bahwa dialah pemilik yang syah atas nuptk tersebut. Sulit memang untuk menyatakan nuptk itu milik siapa, jika tidak ada data pendukung.. untungnya para pencetus nuptk dulu berfikir "cerdas" (walaupun double), sudah memikirkan bagaimana jika hal tersebut terjadi. Ada beberapa field sandingan yang dapat dijadikan bahan verifikasi. Seorang guru bisa dinyatakan sebagai
Pemilik yang syah jika data yang ada di database memiliki data yang sama dengan data guru tersebut, data yang akan disandingkan adalah

an kopi dan paste kode html di bawah kedalam kode html websiteAnda.

<!-- Begin:http://adsensecamp.com/ --> <script src="http://adsensecamp.com/show/? id=hcQVdKwWhLY%3D&cid=1mKE6FR8OXo%3D&chan=pjUAv4kTg%2B0%3D&type=2&title=3D81EE &text=000000&background=FFFFFF&border=000000&url=2BA94F" type="text/javascript"> </script> <!-- End:http://adsensecamp.com/ -->

1.  Nama
Nama guru harus sama persis dengan nama nuptk yang ada didatabase. Perbedaan cara penulisan akan menyebabkan nuptk tidak valid, apalagi jika diembel-embeli dengan nama suami atau gelar keagamaan dan gelar pendidikan.
Nama nuptk seyogyanya sama denga nama pada ijazah, tidak mengenal nama keren dan beken. Gelar yang berderet memang membanggakan tetapi pada database terkadang bisa menyulitkan.

2.Tanggal lahir
Tanggal lahir adalah alat pembanding kedua,  kenapa apa harus disandingkan tanggal lahirnya?.. nama pada umumnya banyak yang sama,tapi nama sama dengan tanggal lahir sama dan nuptk sama pasti kecil kemungkinannya. Kecil bukan berarti tidak ada, oleh karena itu perlu alat validasi lainnya.

3. Nama Ibu
Sebagai bahan pembanding lainnya adalah nama ibu, karena biasanya jarang sekali nama ibu sama, nama sama, taggal lahir sama. Jika ada yang seperti itu sudah kita anggap 99% pemilik syah nuptk.

Sebenarnya dengan ketiga field tersebut saja kitavsudah bisa menentukan pemilik syah nuptk, tapi yang terjadi saat ini adalah tidak demikian, banyak nuptk diakui  oleh dua guru yang memiliki nama yang berbeda, baik beda dengan sangat jelas perbedaanya, maupun beda cara penulisan ejaannya saja.

Untuk yang kasus perbedaan nama yang sangat mencolok mudah cara penyelesainnya, yaitu cukup cek nuptk pada web browser nuptkdisana akan ditampilkan siapa pemilik nuptk yg sebenarnya.
Jika yang keluar adalah nama yang dimaksud dengan data pendukung yang sama dengan orang yang dimaksud, maka nuptk tersebut bisa digunakan untuk orang tersebut..jika salah satu point diatas tidak sama berarti itu punya orang lain.

Sementara itu untuk kasus yang perbedaan namanya hanya pada cara penulisan dan ejaannya saja akan sulit untuk mengambil keputusan, jika tidak dipakai , kenyataannya itu adalah nuptk orang yang dimaksud,  tapi saat dipakai nuptknya selalu dinyatakan tidak valid.
Untuk mengatasi hal tersebut satu-satunya cara adalah dengan melakukan perbaikan data pada database nuptk. Perbaikan database nuptk tdak bisa dilakukan oleh operator sekolah juga tidak bisa dilakukan oleh operator kabupaten/kota.

Lihat bahasan sebelumnya

Nazarudin Kompetan http://nazarukompetan.blogspot.com/

1 comment

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…