Skip to main content

Sekolah di wilayah khusus part 1

Masih banyak sekolah yang bertanya ke saya, kenapa sekolahnya tidak masuk dalam sekolah yang berada diwilayah khusus, padahal sekolahnya sangat sulit di jangkau dan jauh dari sekolah lainnya. Saya tidak tahu secara pasti permasalahan yang terjadi pada sekolah tersebut, pertama saya tidak faham betul dengan wilayah sekolah yg bertanya tersebut. Kedua saya juga tidak tahu apakah orang yg bertanya itu faham dengan kriteria sekolah khusus. Ketiga dia tahu darimana sekolahnya tidak masuk dalam sekolah diwilayah khusus...
Terlepas dari itu semua, kita memang harus mengapresiasi guru-guru yang mengajar disekolah-sekolah terpencil jauh dari akses informasi dan sulit komunikasi. Kita harus angkat jempol buat mereka yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk mendidik saudara-saudara kita yang memang memerlukan.pendidikan didaerah pinggiran negera (daerah terluar).
Banyak macam apresiasi yang diberikan, ada yang diberikan penghargaan, dan ada pula yang berupa tunjangan. Banyak kemudahan-kemudahan syarat tunjangan untuk guru yang mengajar di sekolah wilayah khusus.
Tetapi semua syarat itu bisa dimudahkan jika data guru dan sekolah sudah berada pada server dapodik. Itu adalah syarat mutlak, jika sekolah atau guru belum terdaftar pada database dapodik, maka p2tk tidak dapat membatu guru tersebut pada proses pembuatan sk. Jadi sekali lagi untuk tunjangan apapun sumber datanya adalah dapodik..

Lalu ada juga yang bertanya, "pak data  saya sudah ada didapodik, tetapi kok tunjangan khususnya tidak keluar sk".

Terus terang pertanyaan tersebut cukup sulit saya menjawabnya, karena ada beberapa faktor seseorang tidak bisa keluar sk tunjangan khusus. Untuk mendapatkan tunjangan khusus untuk tahun 2013 ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya :
1. Sekolah berada di wilayah khusus.
Sebuah sekolah dinyatakan berada didaerah khusus atau tidak adalah berdasarkan sk bupati tentang sekolah diwilayah pemerintahannya yang termasuk dalam wilayah khusus.
Bupati yang bisa mengeluarkan sk (sknya bisa diterima di p2tk) adalah daerahnya termasuk dalam sk daerah tertinggal atau daerah khusus yang dikeluarkan oleh bppn dan kemendikbud.

2. Mengentri dan mengupload dapodik.
Ini persyaratan yang wajib,  sebab data sekolah dan guru yang akan menerima tunjangan khusus akan diambil dari aplikasi dapodik yg sudah diupload keserver. Tanpa dapodik tidak ada tunjangan bisa sk.

3. Melakukan maping rombel pada dapodik.
Maping rombel perlu dilakukan agar guru yang mengajar disekolah tersebut dapat terdeteksi jumlah jam mengajarnya.

4. Pengelola tunjangan mengirim sk bupati tentang sekolah wilayah khusus tersebut sebelum bulan februari ke p2tk dikdas.
Sk bupati tentang sekolah di wilayah khusus sudah diminta oleh p2tk sejak oktober 2012, tetapi banyak daerah yang belum mengirimkan sampai awal februari 2013, karena alasan bupatinya tidak mau tanda tangan, walaupun pada akhirnya bisa mengirimkan diakhir batas waktu yang ditetapkan.

5. Data dapodik harus sudah valid sebelum tanggal 18 februari 2013.
Kenapa harus sebelum tanggal 18 februari 2013. Begini, sk aneka tunjangan sudah ditarik datanya pada tanggal 18 februari 2013 dengan asumsi bahwa pada tanggal tersebut data dapodik sudah masuk. Sehingga data yang baru masuk setelah tgl 18 februari banyak yang tidak bisa keluar sknya.

6. Kuota tunjangan mencukupi.
Tunjangan khusus dan aneka tunjangan lainnya selain tunjangan profesi memliki kuota terbatas. Baik secara nasional maupun provinsi. Selain itu masing masing daerah memliki kuota yang berbeda-beda,  besaran kuota daerah ditentukan dari besaran persentase data guru yang mengajar diwilayah khusus, semakin banyak data dapodik yang valid dan berada diwilayah khusus maka akan semakin besar persentase kuota.

3 comments

Popular posts from this blog

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 3: SMK KTSP)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.

Pembelajaran SMA sudah kita bahas beberapa minggu lalu. Sekarang saya mencoba akan membahas tentang batasan-batasan entrian dapodik dan klasifikasi mata pelajaran pada jenjang SMK dengan kurikulum KTSP.
Pada umumnya pembelajaran SMA dan SMK pada kurikulum SMK tidak banyak perbedaan cara pengisiannya di dapodik. Walaupun mungkin proses pembelajaran itu sendiri di dalam kelas akan banyak perbedaan. Saya tidak melhat proses belajar mengajar dikelas, tapi yang saya bahas berikut adalah bagaimana cara mengisi dapodik sekolah agar data yang dikirim ke server dapodik pusat bisa sesuai de…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 2: SMA K13)

sebelumnya harus difahami bersama, bahwa apa yang saya tuliskan disini bukanlah acuan resmi pengisian dapodik. Proses pengisian dapodik termasuk didalamnya jumlah jam mengajar dan maksimum jumlah jam per rombel mengacu kepada aturan masing-masing kurikulum, jika ada tulisan saya yang kurang tepat, mohon koreksi bersama. Tulisan ini sewaktu-waktu dapat saja diubah untuk penyesuaian dengan aturan yang berlaku.
Pada buku panduan sukses dapodik SMA/SMK disebutkan, bahwa kurikulum SMA 2013 diambil berdasarkan permendikbud 59 tahun 2014
Daftar Mapel yang di tampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas,  Jika pengisian sudah mengikuti rambu-rambu tersebut, maka seharusnya data yang dientrikan valid. selanjutnya yang harus di validasi di server GTK hanyalah linieritas mata pelajaran yang diajarkan dengan bidang studi sertifikasinya.

Seorang guru bisa dikatakan linier jika dia mengajar matapelaja…

Rambu-rambu validasi data dapodikmen pada info GTK (bagian 1: SMA KTSP)

Lama sudah blog ini di tinggalkan, tidak disentuh apalagi di colek. Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yang lumayan dingin, saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman operator tunjangan yang dikejar-kejar kepala dinas, kenapa data dikmen tidak pernah bertambah. Dan dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana cara isi dapodikmen yang selalu salah di info gtk.. Dan saya juga ingin berbagi dengan operator sekolah jenjang dikmen yang selalu begadang memperbaiki datanya yang tak kunjung valid.. Dan desakan guru yang tak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yang diajarkan dengan sertifikat pendidik, syarat lain yang harus dipenuhi agar jumlah jam linier tidak berangka 0 adalah komposisi pengaturan jadwal mengajar.  Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tidak boleh melebihi ketetapan yang telah di tentukan, masing-masing jenjang dan tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu tidaklah sama.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya…